IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Manajemen kelas merupakan keterampilan pendidik untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif agar proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu pembelajaran secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Di samping itu, pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan sumber belajar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTsN 2 Bathoh Banda Aceh dan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI di MTsN 2 Bathoh, serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI dalam manajemen kelas di MTsN 2 Bathoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research) dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti menggunakan purposive sample yang dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu dengan memilih siswa kelas VIII sebagai sampel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di MTsN 2 Bathoh; (2) cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik dengan menggunakan metode yang bervariasi serta berusaha menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang prestasi dan belajar siswa; dan (3) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas pembelajaran PAI dalam manajemen kelas di MTsN 2 Bathoh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (1989). Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, cet x, Jakarta: Rineka Cipta
Dinald, M. C. (1998). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Gegoro, S. T. (1998). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara
Masnur, M. dkk. (2000). Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Jemmars
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurdin, S. (2005). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching
Purwanto, M. N. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. (2000). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. (2003). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sumadi Suryabrata.(1983) Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogjakarta: UGM
Syah, M. (2003). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: Remaja Rosdakarya
Tim Redaksi Fokusmedia. (2006). Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia
Usman, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya
Yunus, M. (1999). Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran, Cet. III. Jakarta: Pustaka Muhammadiyah
DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i1,%20April.1338
Refbacks
- There are currently no refbacks.