IMPLEMENTASI BACA TULIS AL-QURAN DI TPA ISTIQAMAH KAMPUNG BARU BANDA ACEH

Mailisman Cut Shalihin

Abstract


Sudah sejak lama TPA dijadikan sebagai tempat mempelajari dan mengajarkan isi lafazh-lafazh Al-Quran beserta makna-maknanya, karena Allah memberi pahala bagi yang membacanya, seperti yang ada di TPA Istiqamah Gampong Baru Banda Aceh. Berdasarkan masalah tersebut di atas, maka penelitian ini akan terfokus kepada tiga point diantaranya: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis Al-Quran yang ada diterapkan TPA Istiqamah Kampung Baru Banda Aceh 2) Apa yang menjadi keunggulan TPA Istiqamah Kampung Baru 3) Apa saja hambatan-hambatan dalam pelaksanaan belajar baca tulis di TPA Istiqamah Kampung Baru Banda Aceh?. Adapun tujuan dari penulisan ini ialah: 1) Untuk memahami implementasi pembelajaran baca tulis Al-Quran yang ada diterapkan TPA Istiqamah Kampung Baru Banda Aceh 2) Untuk memahami hal keunggulan TPA Istiqamah Kampung Baru 3) Untuk memahami hambatan-hambatan dalam pelaksanaan belajar baca tulis di TPA Istiqamah Kampung Baru Banda Aceh. Dan Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian adalah: 1) Pengemplementasian pembelajaran baca tulis Al-Quran yang ada diterapkan di TPA Istiqamah menggunakan metode Iqra, dan waktu proses pembelajaran dilakukan dari hari senin hingga hari jumat. 2) TPA Istiqamah memiliki beberapa keunggulan, seperti TPA Istiqamah tidak hanya terfokus kepada sistem baca tulis Al-Quran saja. 3) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan belajarnya disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor fasilitas yang kurang memadai, padahal fasilitas ini merupakan penunjang untuk kelancaran dalam proses belajar mengajar

Keywords



Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. (2004). Mabahits fi Ulum Al-Quran, Beirut: Dar Al-Fikr: Jakarta: Gema Insani.

Alhalwani dan Firdaus, A. (1996). Melahirkan Anak Shaleh-Shaleha, Yogyakarta: LEKPIM Mitra Pustaka,

Al-Thabari, A. J. M. (1995) Jamal-Bayan an Tawil Ay Al- Quran, Beirut: Dar al-Fikr,

Anwar. (2009). Metode & Teknik Pembelajaran PAI, Bandung: Refika Aditama, Athiyah A. (1995) Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang

Departemen Agama RI. (2003). Kurikulum Pendidikan TPA/TPQ, Jakarta: Direktorat dalam Kelembagaan Islam Bagian Proyek Peningkatan Pendidikan Al- Quran dan MTQ.

Dewantoro, K. Dasar-Dasar Pendidikan dalam sisi Perspektif Keagamaan,

Dinas Pendidikan & Kebudayaan. (2007). Kurikulum Daerah. Pasuruan: Dikbud Fakhruddin Al-Razi, Mafatih Al-Ghaib dalam CD Rom al-Maktabah, edisi 2.

Fanani, A. (2009). Kamus Istilah Populer, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghazali, D. A. Suatu Pengantar dengan Pendekatan Interdispliner,

Haidar, M. (2007) Keteladanan dalam Kisah Maryam dan Nabi Isa as, Surabaya: DTMI.

Hanafi, A. H. J. K. (1983). Segi-Segi Kesusasteraan Kisah-Kisah Al-Quran, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1983.

Hasibuan, M. (2006). Manajemen dalam Dasar Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

Hatta, A. M. (2007) Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran, Semarang: IAIN Walisongo.

Humam, A. (2000). Buku Iqra Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran, Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM,

Ismail, A. F. (2004). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7, Jakarta: Pustaka Imam Syafii.

Kamus Pembinaan & Pengembangan Bahasa. (1997) Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,.

Katsir, I. Tafsir Al-Quran al-Azhim dalam CD Rom al-Maktabah al-Syamilah,

Kementerian Agama RI, (2012). Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia,

Khaeruddin. (2000) Metode Membaca Menulis Al-Quran, Makasar, Yayasan Al-Ahkam.

Mahmuddin. (2011). Manajemen Dakwah Dasar dalam Proses Pelatihan dan Penerapan nya yang Diterapkan dalam Pendidikan Baca Tulis Al-Quran, Makasar: Fakultas Alaudin University Press.

Maidawati. (2010) Pengantar Pendidikan, Padang: Lemlit IAIN.

Margono,S. (2014) Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Muin, C . (2008). Petunjuk Mengelola TK Al-Quran, Jakarta: Rineka Cipta

Mulyono, A. Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Quran.

Setiawan, G. (2004). Implementasi dalam Birokrasi, Jakarta: Balai Pustaka..

Syarmudin, A. (2006) Panduan Kurikulum & Pengajaran TK, Palembang: LPPTKA BKPRMI.

Thoha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v1i2,%20Oktober.1148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.