PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Nurul Jeumpa

Abstract


Peran guru dalam meningkatkan akhlak siswa yang dilakukan melalui memberikan bimbingan, pengawasan dan pengajaran akhlak pada siswa sangat diharuskan untuk segera diimplementasikan. Tujuannya supaya siswa dapat membedakan mana akhlak yang baik dan mana akhlak yang buruk. Dengan demikian siswa akan paham dan mengerti bahwa perbuatan yang baiklah yang harus mereka kerjakan. Akhlak merupakan mutiara hidup yang membedakan makhluk manusia dengan makhluk lainnya, seandainya manusia tanpa akhlak, maka akan hilang derajat kemanusiaannya. Dengan demikian peningkatan akhlak merupakan suatu misi yang paling utama yang harus dilakukan oleh guru terhadap akhlak anak didik, guru merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan terkait erat dengan proses pembinaan akhlakul karimah siswa. Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan akhlak siswa yakni Akhlak kepada sesamanya, Akhlak kepada Allah, dan Akhlak kepada orang tua.

Keywords


Peran; Guru; Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Amin, A. (1977). Etika Ilmu Akhlak. Jakarta : Bulan Bintang.

Baharuddin. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basrowi & Suwandi. (2002). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Budiningsih. (2008) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Depag RI. (2004). Garis-garis Besar Program Pengajaran MI. Jakarta.

Depag RI. (2004). Garis-garis Besar Program Pengajaran MI. Jakarta.

Departemen Agama RI. (2008) Alquran dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro.

Djamarah, S. (2000) Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Reneka Cipta, Jakarta.

Faisal, S. (2007). Format-Format Penelitian Sosial. (Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangngga.

Khadijah. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.

Mahmud, A. A. H. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta : Gema Insani.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 2 tahun 2008, Standar Kompetensi dan Standar Isi.

Riyanto. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2009) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana,

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013) Metode Penelitian Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v1i2,%20Oktober.1146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.