IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SDTQ NURUN NABI BANDA ACEH

Ema Sulastri

Abstract


Pembelajaran akidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh masih terdapat berbagai kendala, sehingga perlu adanya strategi yang dilakukan baik dari pihak sekolah maupun guru yang mengampu mata pelajaran tersebut, terutama dalam mengimplementasikan berbagai materi yang terdapat dalam pembelajaran akidah akhlak itu sendiri. Penilitian ini bertujuan mengetahui materi pembelajaran aqidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh, strategi pembelajaran aqidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran aqidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field reaserch) dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah 1 orang, guru Aqidah Akhlak 1 orang dan siswa sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa materi pembelajaran Aqidah Akhlak yang diajarkan di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh terdiri dari empat aspek yaitu aspek akidah, aspek akhlak, aspek adab dan Islam serta aspek kisah teladan yang diberikan kepada siswa mulai ditingkat kelas I sampai dengan kelas VI SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh. Strategi pembelajaran Aqidah Akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh dilakukan dengan peningkatan mutu pembelajaran aqidah akhlak, menyelenggarakan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, membiasakan hidup disiplin di kalangan siswa, pembinaan akhlak siswa, menggunakan metode contoh dan keteladanan, metode pembiasaan, metode kisah, metode arahan, bimbingan Atau nasehat dan metode hukuman. Faktor pendukung pembelajaran Aqidah Akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh yaitu kemampuan itelektual siswa, semangat belajar siswa yang kuat, dukungan semangat dari orang tua serta dukungan dari lingkungan pertemanan anak dengan siswa yang pintar dan rajin. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh ialah kurangnya kepedulian siswa terhadap mata pelajaran yang disampaikan guru dan masih ada siswa yang malas belajar, sering terganggunya konsentrasi saat belajar dan keterbatasan ruang belajar.

Keywords


Implementasi; Pembelajaran; Aqidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Athiyah, M. (2007) Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan

Badawi, A. (1950). Min Balaghah al-Quran. Kairo: Dar al-Nahdlah

Basrowi & Suwandi. (2002). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiawan, G. (2004). Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai. Pustaka.

Khadijah, (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Cipta pustaka Media.

Koentjaraningrat. (2008). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong. L. X. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nawawi. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press,

Nurdin, U. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Bandung: CV Sinar. Baru,

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2008

Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya, Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v1i2,%20Oktober.1145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.