KIPRAH PESANTREN MODERN DALAM PEMBINAAN KARAKTER SANTRI

Ema Wati, Istiqamahtul Masyithah

Abstract


Pesantren modern sudah berkembang pesat di banyak wilayah, termasuk di Aceh. Para orang tua juga sudah menjadikan lembaga pesantren modern sebagai lembaga pendidikan alternatif. Perkembangan pesantren modern ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan keberadaan pesantren modern. Merujuk kepada popularitas pesantren modern, perlu kiranya dilakukan sebuah kajian bertujuan mengekplorasi kiprah pesantren modern di dalam masyarakat, terutama yang berhubungan dengan kemandirian santri. Penelitian ini adalah library research, dimana peneliti hanya melakukan kajian literatur terhadap perkembangan pesantren, terutama dalam perannya membentuk kemandirian para santri. Kajian literatur memberikan beberapa jawaban penting bahwa pesantren modern fokus dalam menciptakan kemandirian santri, terutama melalui estra-kurikuler. Ini merupakan kelebihan lembaga pendidikan berkarakter boarding, dimana waktu yang tersedia untuk menerapkan kegiatan ekstra kurikuler dapat dimungkinkan

Keywords


Pesantren Modern; Kurikulum; Ekstra kurikuler; Kemandirian

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, H. (2008). Menatap Masa Depan Dayah di Aceh, Banda Aceh: Yayasan Pena

Aqip, Z. dan Sujak (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Rama Widya

Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to theories and methods (5th ed.), Boston: Pearson Education, Inc.

Bryman, A. (2004). Social Research Methods (2nd ed.), Oxford: Oxford University Press.

Burhanuddin, J. (2006). Mencetak Muslim Modern, Jakarta: raja Grapindo Persada,

Daulay, H. P. (2004). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Prenada Media.

Don G. Mctavish dan Herman J. Loether (2002). Social Research: An Evolving Process. Boston: Allyn and Bacon

Down-Wemboldt (1992). Content Analysis: Method, Applications and Issues. Health Care for Women International. 13(3), 313-321

Galba, S. (1995). Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi, Jakarta: Rineka Cipta & Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Glesne, G. (2006). Becoming Qualitative Researchers: An introduction (3rd ed.), Boston: Pearson Education.

Himpunan PP 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta, Pustaka Yustisia, 2011.

Kawakib, A. N. (2009). Pesantren dan Globalisation, Malang; UIN Malang Press.

Litchman, M. (2010). Qualitative Research in Education: A user's guide, Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington, DC: Sage Publication.

Masyhud, S. & Khusnurdilo, M. (2005). Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka

Muhaimin, (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grapindo Persada,

Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam, Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Nawawi. (2006). Sejarah dan Perkembangan Pesantren. Jurnal Studi Islam dan Budaya. P3M STAIN Purwokerto

Noor, A. H. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Santri, Jurnal EMPOWERMENT: 3(1), ISSN No. 2252-4738

Qomar, M. (2002). Pesantren dan Transformasi Metodologi Menuju Demokraisasi Institusi: Jakarta. Erlangga

Saiful, S. (2018). Model Pendidikan Karakter Pada Pesantren Tradisional Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.

Solichin, M. M. (2012). Kemandirian Pesantren Di Era Reformasi, Jurnal Nuansa, 9(1), 23-35

Syarbaini, A., Sri Suyanta, S. (2012) Sejarah dan Khazanah Pendidikan Islam, Banda Aceh (editor) Bandar Publishing & Pasca Ar-Raniry, 2012, hal. 397.

Thaha, M. M., Farida, A., Habibah, N., Marfuah (2007) Modernisasi Pesantren, Jakarta: Departemen Agama RI

Undang-Undang RI 2005 No. 14, Guru dan Dosen

Zahro, A. (2001). Lajnah Bahtsul Masail Ulama 1926-1999, Telaah Kritis Terhadap Keputusan Hukum Fiqih. Disertasi, Program Doktor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v1i2,%20Oktober.1135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.