INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM ISLAM TERPADU DI PAUD-IT BUSTANUL MARIF KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Muhammad Furqan, Sakdiah Sakdiah

Abstract


Dengan diberlakukannya UU No. 20 Tahun 2003 maka sistem pendidikan di Indonesia sekarang terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan Pendidikan Tinggi, yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. Pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. Pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga dan yang diselenggarakan oleh lingkungan masyarakat di mana ia tinggal. PAUD IT Bustanul Marif menerapkan pembelajaran anak usia dini berbasis Islam dengan menggunakan sistem terpadu. Fokus masalah dalam kajian ini adalah bagaimana pengelolaan serta penggunaan sistem pengembangan kurikulum Islam terpadu di PAUD-IT Bustanul Marif yang ditetapkan dan dijalankan oleh guru pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian memakai metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ditemukan bahwa dalam merancang pengembangan kurikulum di PAUD IT Bustanul Marif sudah baik dan sesuai dengan standar yang sudah diatur dan diberlakukan oleh pemerintah, namun kelemahannya ada pada penerapan dari kurikulum tersebut yang diterapkan oleh guru, baik itu secara langsung maupun tidak. Padahal guru merupakan pusat sentralnya dari penerapan kurikulum.


Keywords


Kurikulum; Islam Terpadu; PAUD-IT

Full Text:

PDF

References


Albrect & Miller. (2000). The Comprehensif Infant Curriculum. Beltsville MD: Gryphon House Ins.

Allan, O. (2004). Curriculum Foundations, Principles and Issues. New York: Library of Congress Cataloging in Publication Data.

Ali, M. (2005). Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru

Ahmad, S. (1954). History of Muslim Education. Bairut: Dar Al-Kasyaf.

Anwar, D. (2005). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia.

Dakir. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta,

Darajat, Z. (2001). Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: CV. Ruhama.

Dwi, Y. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT.Indeks

Ihsan, H dan Ihsan, A. F. (2001). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Khaeruddin. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Jogyakarta: Nuansa Aksara.

Nasution, S. (2003). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurani, S. Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Piet, S. A. (2000) Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Syaifuddin, S. (2007). Model Kurikulum Terpadu Iptek dan Imtaq: Desain, Perkembangan dan Implementasi. Cet. I. Ciputat: Ciputat Press.

Syamsuddin, M. A dan Syaefudin, U. S .(2005). Perencanaan Pendidikan, Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Dan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA Dan Usia Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005), Jakarta: Sinar Grafika, Cet. 3, 2010.

Zaini, M. (2009). Pengembangan Kurikulum (Konsep Implementasi Dan Inovasi). Yogyakarta: Teras.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v1i2,%20Oktober.1133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.