POLA PENGASUHAN ANAK YATIM PADA YAYASAN PENYANTUN ISLAM SEUTUI BANDA ACEH

Hamdi Yusliani

Abstract


Abstrak: Pola asuh anak yatim merupakan suatu usaha dan cara yang dilakukan untuk memberi pendidikan dan pengasuhan dengan cara sadar dan bertanggung jawab oleh pihak-pihak tertentu, dalam hal ini adalah Yayasan Penyantun Islam Seutui Banda Aceh. Bagi anak yatim, mereka telah kehilangan orang tuanya memiliki tanggung jawab penuh dalam hidupnya terutama menyangkut kebutuhan hidupnya baik yang bersifat kebutuhan jasmani maupun rohani. Bila kondisi seperti ini dibiarkan tanpa ada kepedulian, maka mereka akan mengalami kesengsaraan dalam hidupnya dan akan berakibat pada penyimpangan-penyimpangan sosial dan norma-norma agama. Dengan demikian, dibutuhkan pengarahan dan bimbingan  yang layak bagi mereka sebagaimana anak-anak lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan teknik penelitian lapangan (field research) dan pustaka (library research). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh anak yatim  pada Yayasan Penyantun Islam Seutui Banda Aceh  dilakukan dengan beberapa metode yaitu: nasehat, bimbingan, ceramah agama dan keteladanan. Pada umumnya seluruh anak yatim yang diasuh di Yayasan tersebut mendengarkan dan mematuhinya dengan baik. adapun pelaksanaan bimbingan agama di Yayasan tersebut bersifat informal disebabkan belum tersusun secara sistematis dan terorganisir dengan tujuan dan materi kurikulum tetap yang dapat dijadikan standar dalam pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan pola asuhnya, yayasan tersebut masih mengalami kendala seperti kurangnya pendanaan, kurangnya fasilitas, kurangnya tenaga belajar dan lainnya.


Keywords


Pola Asuh, Anak Yatim

Full Text:

PDF

References


Al-Sayyid, Sābiq. (1980). Fiqh al-Sunnah. Beirut: Dār al-Fikr

Amrulloh. (2016). Guru Sebagai Orang Tua dalam Hadis, Aku Bagi Kalian Laksana Ayah. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 11(2) ,56-76

Andriyani. (2019). Kajian Literatur pada Makanan dalam Perspektif Islam dan Kesehatan. Jurnal Kesehatan dan Kedokteran. 15(2), 178-198

Aswab Mahasin. (1996). “Seminar lslam dan Remaja,” dalam Ruh Islam daIam Budaya Bangsa: Wacana Antar Agama dan Bangsa. Jakarta: Yayasan Festival lstiqlal

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Departemen Pendidikan. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka

Elizabert B. Huriock (1978). Child Development. Tokyo: McGraw Hill Book

Fauziyah Masyari. (2017). Pengasuhan Anak Yatim dalam Perspektif Pendidikan Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, (2) 2, 233-251

Ibn Qayyim al-Jawziyah. (1994). Tuḥfat al-Mawrud bi Aḥkam al-Mawlud. Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah

Ibrāhīm Anīs (t.th). Al-Mu‘jam AI-Wasīṭ. Beirut: LP

Jalāl al-Dīn al-Khabbazī. (t.th). al-Mughni fi Uṣul al-Fiqh. Mekah: al-Maktabah al-Arbiyyah

Jalāl al-Dīn al-Suyūṭī. (t.th). aI-Jami‘ aI-Ṣaghir. t.tp: Dār Iḥyā al-Kutub al-Arabiyyah

Mahmud Syaltirt. (1990). Tafsir Al-Qur’an Al-Karim; Pendekatan Syaltut dalam Menggali Esensi Al-Qur’an. Indonesia anggota Ikapi

Muderis Zaini. (1995). Adopsi: Suatu Tinjauan dari Tiga Sistem Hukum. Jakarta: Sinar Grafika

Muḥammad bin Abī Bakr al-Rāzī (1931). Al-Mukhtār Al-Ṣiḥāḥ. Beirut: Dār al-Fikr

Muḥammad bin Mukarram Ibn MaIbn Manẓūr. (1993). Lisān al-‘Arab. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah

Nurcholis, Madjid. (1997). Masyarakat Religius. Jakarta: Paramadina

Rosmaniah Hamid. (2013). Kafalah al-Yatim dari Perspektif Hadis Nabi. AL-FIKR. 17 (1), 112-124

Singgih D. Gunarsa. (1995). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia

Siti, Merisa. (2017). Pola Asuh Keluarga Untuk Pengembangan Kecerdasan Emosional Remaja (Studi Di Gampong Lampaseh Kota Kabupaten Banda Aceh). Unpublished Thesis. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry

Siti, Rochani, dkk. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Kedewasaan dan Kedisiplinan Siswa Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA NEGERI 1 Sidoharjo Wonogiti. Surakarta : Fkip Universitas Sebelas Maret

Syeikh M. Jamaluddin Mahfud. (2001). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Wahbah, al-Zuḥaylī. (t.th). Al-Tafsīr Al-Munīr. Beirut: Dār aI-Fikr al-Muyāṣir

Warson Munawwir (t.th). Kamus Arab-Indonesia al-Munawwir. Yogyakarta: Yayasan alMunawwir

Zakiah, Daradjat. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.37598/.v1i1,%20April.1022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.