PENGARUH MANFAAT, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN LAYANAN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH
Abstract
Pegadaian Syariah merupakan lembaga keuangan berbasis prinsip syariah yang menawarkan pembiayaan tanpa riba, menggunakan akad transparan seperti Mudarabah dan Rahn. Dengan layanan cepat, adil, dan sesuai syariat Islam, Pegadaian Syariah menjadi pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendanaan. Variabel penelitian ini fokus pada variabel manfaat, kepercayaan dan kemudahan layanan pegadaian syariah berpengaruh simultan terhadap loyalitas nasabah di kantor pegadaian syariah Banda Aceh. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif berbasis angka untuk menguji hipotesis. Penelitian mencakup deskriptif untuk memaparkan karakteristik, eksperimental untuk menelusuri sebab-akibat, dan korelasional untuk hubungan variabel. Pendekatan ini bersifat ilmiah, memenuhi standar seperti objektivitas dan sistematika, serta menggunakan analisis statistik guna mencapai tujuan penelitian. Penelitian dilakukan di Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Penelitian ini menganalisis pengaruh manfaat, kepercayaan, dan kemudahan layanan terhadap loyalitas nasabah di PT Pegadaian Syariah Banda Aceh, dengan pengalaman pelayanan sebagai variabel Intervening. Hasil uji menunjukkan semua variabel valid (r hitung > 0,195), reliabel (r alpha > 0,6), dan berdistribusi normal (Sig. 0.244 > 0.05). Manfaat, kepercayaan, dan kemudahan layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas (thitung > ttabel 1.566), mendukung temuan penelitian sebelumnya. Hasil Penelitian menunjukkan manfaat, kepercayaan, dan kemudahan layanan berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah PT Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (ed. revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Priyono, P., & Chandra, T. (2023). Metodologi Penelitian Manajemen dan Bisnis. Lampung: Litnus.
Duli, N. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analysis program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi (Edisi ke-16). Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (cet. 24). Bandung: CV Alfabeta.
Suryani, N., & Syari, F. (2023). Kajian pustaka: Panduan praktis untuk peneliti pemula. Yogyakarta: Pustaka Cendekia.
Artikel dalam Jurnal
Abdullah, M., & Hasan, R. (2020). Pengaruh kecepatan layanan terhadap kepuasan nasabah pada pegadaian syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 12(1), 45-58.
Ahmed, H: 2011. Product development in Islamic banks. Edinburgh University Press.
Aminah, S., & Supriadi, D. (2024). Analisis peran pegadaian syariah dalam pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah di era ekonomi digital. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 8(1), 45-63.
Andhini, Amalia., & Khuzaini. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen pada Ecommerce, Jurnal Riset Keuangan dan Perbankan, 8(2), 126
Anggraini, S. R., & Farida, N. (2021). Pengaruh Manfaat pegadaian syariah, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Islam, 10(1), 1-18.
Anwar, M. K., & Shabbir, M. S. (2021). Service quality and customer loyalty in Islamic banks: A systematic literature review. Future Business Journal, 7(1), 1-14.
Arif, Muhammad., S.Z. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal ilmu manajemen, Vol 8 (2)
Azizah, N., & Rahman, A. (2018). Perkembangan Pegadaian Syariah di Indonesia: Studi Historis dan Prospek. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 8(1), 14-27.
Azmi, M. (2022). Pengaruh kepatuhan syariah, kualitas pelayanan, dan pemasaran relasional terhadap loyalitas nasabah Pegadaian Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 10(2), 150-162.
Batin, Mail Hitan. (2019). Pengaruh Citra Bank, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, Penanganan Keluhan dan Kepuasan Terhadap Loyaitas Nasabah
pada Bank Sumsel Babel kantor Capem syariah UIN Raden Fatah Palembang. Journal of islamic banking dan finance, 3(1), 46-58.
Dewi, N.M.H. Adityarini Abiyoga.,VS. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal manajemen, kewirausahaan dan pariwisata. Vol 2 (2).
Fikri, Sirhan. Wahyu, Wiyani. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa. Jurnal bisnis dan manajemen, 3(1), 120-134.
Firdaus, A., & Rahman, A. (2020). Komparasi model bisnis pegadaian konvensional dan syariah: Tinjauan dari perspektif keadilan ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2), 124-142.
Firdaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Riau : Dotplush. Ganesan, S. (1994). Determinants of Long-Tern Orientation in Buyer Seller Relationship. Journal of Marketing. 58 (April). 1-19.
Fitriani, A., & Nurhayati, S. (2019). Persepsi keadilan dan loyalitas nasabah: Studi pada pegadaian syariah. Journal of Islamic Finance and Banking, 7(2), 123-135.
Ghani, A.M., Rahi, S., Mansour, M., Abed, H. & Alnaser., F,M. (2017). Determinants of Customer Loyalty: The Role of Service Quality, Customer Satisfaction and Bank Image of Islamic Bank in Palestine. International Jurnal of Organisational Studies and Innovation, 8 (8).
Hartono, B. (2022). Analisis kualitas layanan digital terhadap tingkat kepuasan nasabah lembaga pegadaian di wilayah Bengkulu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 17(3), 145-159.
Haryanti, D., & Sukmawati, S. (2020). Pengaruh Manfaat pegadaian syariah dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Palu. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Tadulako, 7(1), 58-66.
Hasan, M., & Azhar, S. (2021). Peran Pegadaian Syariah dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Jurnal Studi Islam dan Ekonomi, 14(3), 83-92.
Hidayat, M., & Pratiwi, R. (2022). Pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat masyarakat menggunakan jasa pegadaian syariah. Islamic Economics Journal, 7(3), 215-232.
Juliani, I. (2018). Sistem Aplikasi Pegadaian Mobile pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pegadaian Simpang Mesra Banda Aceh. Laporan Kerja Praktik, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Kim, Y. J., & Park, H. J. (2023). The Impact of Brand Reputation on Trust and Loyalty in the Digital Era. Journal of Marketing Research, 60(1), 102-119.
Kristina, S., Azhari, A., & Siswanto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada Pegadaian Syariah di Kota Palembang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 135-146.
Lapasiang, H., Arsyad, M., & Yusuf, S. (2017). Kepercayaan dan keterlibatan sebagai determinan loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(2), 123–132.
Lee, S. M., & Ma, H. J. (2021). Corporate Transparency and Customer Trust in Online Shopping: The Mediating Role of Perceived Risk. Electronic Commerce Research and Applications, 46, 101019.
Lestari, D., & Putra, A. (2022). Dampak kompensasi terhadap retensi nasabah dalam layanan pegadaian syariah. Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 10(3), 210-225.
Lubis, A. M., & Siregar, S. P. (2021). Kajian Pustaka: Pendekatan Sistematis untuk Literatur Review. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 223-234.
Makmur, S., & Supriyanto, A. (2019). Pengaruh kemudahan penggunaan dan kemanfaatan aplikasi digital terhadap kepuasan nasabah pada lembaga keuangan. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(2), 112-128.
Marlina, R., & Rahmat, S. (2021). Implementasi akad rahn dan ijarah pada produk gadai emas di pegadaian syariah. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 9(1), 78-94.
Miswanto, M., & Santoso, T. (2021). Analisis manfaat penggunaan teknologi dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 45-58.
Nasution, S. W., & Lubis, M. A. (2022). Kajian Pustaka: Kunci Sukses Penelitian Ilmiah. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 23(1), 1-10.
Nasution, S. W., & Lubis, M. A. (2022). Pengaruh Manfaat pegadaian syariah dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Padang. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 23(1), 1-10.
Nindiya, R. (2023). Customer Relationship Management dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Pegadaian Syariah. Jurnal Manajemen Syariah, 8(1), 45-60.
Nurhayati, S., & Hendar, H. (2019). Peran Kepercayaan dalam Memediasi Pengaruh Manfaat pegadaian syariah terhadap Loyalitas Nasabah Pegadaian Syariah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(2), 141-154.
Palandi, W., Liando, P. O., & Oroh, S. (2022). Pengaruh kualitas jasa, kepercayaan, dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah PT Pegadaian Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 1057-1068.
Prasetyo, D., & Andini, R. (2021). Pengaruh multikolinieritas terhadap hasil regresi berganda: Studi kasus pada data ekonomi Indonesia. Jurnal Statistika dan Ekonomi, 12(3), 45-58.
Prastyani, A., et al. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah Pegadaian Syariah. Jurnal Keuangan Islam, 7(3), 210-225.
Purwanto, B. M., & Rizki, M. (2021). The influence of service quality, trust, and perceived value on customer loyalty in Islamic pawnshop. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 22(1), 1-15.
Putra, A., & Sari, D. (2022). Analisis multikolinieritas dalam model regresi linier berganda: Sebuah studi empiris. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 67-78.
Putri, A. R., & Hartono, B. (2022). Pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dalam industri jasa. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(3), 67-78.
Putri, R. A., & Yanti, U. (2021). Pengaruh Manfaat pegadaian syariah, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(3), 547-556.
Putri, R. A., & Yanti, U. (2021). Peran Kajian Pustaka dalam Meningkatkan Kualitas Penelitian. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(3), 547-556.
Rahayu, D., Santoso, P., & Wijaya, T. (2021). Efektivitas aplikasi digital dalam meningkatkan kepuasan pelanggan layanan pegadaian. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 14(1), 76-92.
Laman Web
Website resmi PT Pegadaian (Persero): www.pegadaian.co.id
Undang – Undang
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2022). Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Industri Keuangan Non-Bank Syariah.
Statistik Keuangan Non-Bank Syariah Triwulan I Tahun 2023.
Bank Indonesia: Laporan Keuangan Syariah Tahun 2022.
Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Tahun 2022.
DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v5i2.2604
Refbacks
- There are currently no refbacks.


