PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT STAKEHOLDER UNIVERSITAS AL WASHLIYAH MENABUNG DI BANK SYARIAH

Putri Rahmadani, Azwar Hamid, Ja’far Nasution

Abstract


Minat stakeholder Universitas Al Washliyah untuk menabung di bank syariah masih tergolong minim meskipun potensi pasar dan nilai-nilai keislaman yang dianut cukup kuat. Permasalahan ini menimbulkan pertanyaan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi minat tersebut. Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat telah mendorong institusi keuangan, termasuk bank syariah, untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital guna menarik nasabah. Selain itu, persepsi positif dari lingkungan sekitar (word of mouth) serta faktor religiusitas individu menjadi determinan penting dalam pengambilan keputusan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada Stakeholder Universitas Al Washliyah. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Penentuan sampel menggunakan random sampling yaitu teknik pemilihan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan karakteristik atau kelompok tertentu dalam populasi berdasarkan rumus Yamane. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 95 responden. Pengolahan data dilakukan dengan memggunakan program SPSS versi 23. Teknik analisis data mencakup uji instrumen (uji validitas, reliabilitas, dan uji analisis deskriptif), uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas), regresi linear berganda serta uji hipotesis (uji t/parsial, uji F/simultan dan uji R2/koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Digital marketing, dan Religiusitas berpengaruh positif terhadap keputusan Minat Menabung dengan variasi sebesar 31,6% dan 48,5%  sedangkan Word of Mouth tidak berpengaruh terhadap minat menabung sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci:, Digital marketing, Word of Mouth dan Religiusitas

Full Text:

PDF

References


Angga, Muhammad Isa & Budi Gautama Siregar (2022). Determinants Of Saving Preferences Of Vegetable Traders In Islamic Financial Institutions (Study On The Market Traditional In Kotanopan Subdistrict). Journal of Sharia Banking, 3(1), 74–86.

Ari Basuki, (2015). Buku Ajar Metode Penelitian Konsep Dasar dan Perancangan Basis Data. BuatBuku.com.

Alfi Dwi Rahman & Ali Hardana (2024). Pengaruh Penerapan Etika Profesi, Komitmen Organisasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Peningkatan Profesionalisme Akuntan Publik. Journal of Sharia Banking, 5(1), 23–32.

Dian Ari Nugroho & Nanang Suryadi, (2023). Dasar-Dasar Digital Marketing: Teknologi, Media Sosial, dan Strategi. Universitas Brawijaya Press.

Emil Salim, Hapzi Ali & Yulasmi (2023). Optimalisasi Minat Mengunjungi Destinasi Wisata. CV. Gita Lentera.

Irdawati, Abdul Rakhman, Muhammad Yunus Amar & fauzi Rahim, (2024). Literasi Keuangan dan Pengetahuan Produk pada Perilaku Menabung Pekerja Milenial melalui Fintech: Tinjauan Kasus Pengguna Fintech Smartphone. Penerbit NEM.

Indah Pratiwi, Azwar Hamid & Veri Pramudia (2022). Effect Of Muḍārabah Savings Profit Sharing And Muḍārabah Deposits On Net Profit In Pt. Bank Syariah Mandiri, Tbk IN 2011-2018. Journal of Sharia Banking, 3(2), 152–159.

John Budiman Bancin, (2021). Citra Merek dan Word of Mouth (Peranannya Dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina). Jakad Media Publishing.

Jakson Wirade (2024). Manajemen pemasaran produk bank syariah. CV Brimedia Global.

Liharman Saragih, Susanti Pratamaningtyas, Mustam, Mohammad Rafii, Yanti Krismayanti, Tri Saptadi, Amron, Ita Nurcholifah, Ahyar Junaedi & Noldin Jerry Tumbel. (2024). Manajemen Pemasaran II. Cendikia Mulia Mandiri.

Nanda Saputra, (2020). Ekranisasi Karya Sastra Dan Pembelajarannya. Jakad Media Publishing.

Nasarudin, Mitra Rahayu, Dian Paramitha Asyari, Abdul Sofyan, Muhammad Fadli, Kurnia Krisna Hari, Berita Mambarasi Nehe, La Ode Muhammad Rauda Agus Udaya Manarfa, Yelfiza, Ely Mulyati, Saipul Abbas, Moh Safii & Fatma Sarie (2024). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). CV. Gita Lentera.

Rosyidi, (2024). Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Main Besan Toah. Penerbit Adab.

Rusmanto Maryanto, (2017). Pengantar Digital Marketing: Modul Praktikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Rusmanto Self-publishing.

Riani Ade, Replita, Arti Damisa & Damri Batubara (2022). Iain Padangsidimpuan Students’ Perceptions Of Internet Banking Service Security In Islamic Banking Transactions. Journal of Sharia Banking, 3(1), 96–107.

Sudoto & Ari Prasetyo, (2022). Religiusitas Islam Masyarakat Plural. Zifatama Jawara.

Siti Masunah & Donny Arif (2025). Strategi Pemasaran: Teori, Praktik, dan Konteks Lokal. Penerbit Kbm Indonesia.

Siska Yuli Anita, (2024). Preferensi Nasabah Pada Produk Bank Syariah Berdasarkan Religiusitas Dan Kualitas Layanan. Cv. Intelektual Manifes Media.

Tima Sari Siregar, Hamni Fadlilah Nasution & Ratna, (2024). Determinan Intensi Mahasiswa Dalam Menggunakan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Sharia Banking, 5(2), 282–300.

Tukma, Darwis Harahap, Ihdi Aini & Ida Royani (2021). Analysis Of Public Interest In Banking Products. Journal of Sharia Banking, 2(2).

Zulki Zulkifli Noor, (2021). Buku Referensi Strategi Pemasaran 5.0. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v5i2.2539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.