PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING BANK ACEH SYARIAH (ACTION)
Abstract
Salah satu peningkatan transaksi mobile banking di Indonesia adalah meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh kepercayaan, kemudahan dan pengetahuan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Aceh Syariah (Action). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisis data menggunakan SPSS. Sampel sebanyak 100 responden yaitu nasabah Bank Aceh Syariah yang menggunakan layanan mobile banking Bank Aceh Syariah (Action). Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial variabel kepercayaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Aceh Syariah (Action), secara parsial variabel kemudahan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Aceh Syariah (Action), secara parsial variabel pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Aceh Syariah (Action), dan secara simultan variabel kepercayaan, kemudahan dan pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Aceh Syariah (Action). Adapun nilai determinasi sebesar 0.710 hal ini menunjukkan bahwa 71% variabel kepercayaan, kemudahan dan pengetahuan mampu menjelaskan variabel minat nasabah menggunakan layanan mobile banking Bank Aceh Syariah (Action).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016). Metode Penelitian. Cetakan XI.
Feranika, D. H. & A. (2021). Sistem Informasi Perbankan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Cetakan ke VIII. Semarang: Bandung Penerbit Universitas Diponogoro.
Jogiyanto, 2009. Sistem Informasi Keprilakuan, Yogyakarta.
Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana. Muhammad.
Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis instrument penelitian. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan.
Sugiyono. 2021. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2010). Pendidikan Psikologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Walgito. 2015. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. Penerbit ANDI.
Artikel dalam Jurnal
Fadlan, A., & n Dewantara, R. Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi KegunaaTerhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analsis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, S. dan Novi. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking. Jurnal Ekonomi dan Bisnis OPTIMUM.
Mahardika, A. and Basuki, R. 2011. Factor Determining Acceptance Level of Internet Banking Implemantation. Journal of Economics, Business, and Acccountancy.
McKnight, D. H., & N. L. Chervany. (2001). What Trust Means in ECommerce Customer Relationship: An Interdisciplinary Conceptual Typology. Journal of Electronic E-Commerce.
Nuhyatia, Indah (2013), Penerapan Dan Aplikasi Akad Wakalah Pada Produk Jasa Bank Syariah Economic: Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam.
Rahmad, A. D., Astuti, E. S., & Riyadi. (2017). Pengaruh Kemudahan terhadap kepercayaan dan Penggunaan SMS Banking. Jurnal Administrasi Bisnis.
Rian Maulana, Iskandar Iskandar, and Masrura Mailany, “Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan Technology Acceptance Model”, Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, (2019).
Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen “Z”). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1). http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2150/ 2542
Sukmawati, H., Farizal Rasyid, A., Rachma Kurniaputri, M., Agama Islam, F., Studi Ekonomi Syariah, P., Siliwangi, U., Studi Kajian Wilayah Timur, P., & sitasi, S. (2021). Penerimaan dan Penggunaan Layanan Mobile Banking Perbankan Syariah: Ekstensi Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03).
Syamsul Hadi and Novi Novi, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking”, Optimum: Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, (2015).
Wardhana, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia. Jurnal Manajemen DeReMa.
Skripsi/Tesis/Disertasi
Andi Hakim Febriansyah. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Internet Bangking Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang USU Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.
Dwi Mastia Harlan, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi menggunakan E-Banking’’(Skripsi, Akuntansi, Yogyakarta,2014).
Filanti. (2019). Pengaruh Persepsi Nasabah Bank Syariah Mandiri ( BSM ) Mengenai Kualitas Layanan BSM Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah BSM Nurdina Nisaa Filanti Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Studi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia J. J.Ekonomi Islam.
Tri Nurbaiti, “Dampak Layanan Jasa Mobile Banking Terhadap Peningkatan Jumalah Nasabah(Studi Kasus Bank Muammalat KCPZA Pagar Alam).
Venkatesh, V., dan Davis, F.D. (2000). A Theoretical Extension of The Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science.
Zulfadli Hamzah1, A. A. P. (2015). Nasabah Perbankan Syariah The. Kualitas Pelayanan Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengaruh Terhadap Kepuasan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah The, 5(December).
Laman Web
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2150/ 2542
https://www.bankaceh.co.id/?page_id=82
https://finance.detik.com/solusiukm/d-6343195/wakalah-adalah-jenis-dasar-hukum-rukun-dan-syarat.
https://finanteq.com/blog/fintech-trends/history-of-mobile-banking-how-it-all-started/
https://faspay.co.id/id/wajib-tahu-perbedaan-internet-banking-dan-mobile-banking/
DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v5i1.2424
Refbacks
- There are currently no refbacks.