PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET BANKING DAN MOBILE BANKING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA ONLINE SHOP : STUDI PADA CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH

Ami Lisnayanti, Puji Aryani, Cut Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan layanan internet banking dan mobile banking terhadap perilaku konsumtif Civitas Akademika Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, layanan perbankan digital telah menjadi pilihan utama bagi konsumen dalam melakukan transaksi keuangan. Penelitian ini mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari kemudahan akses layanan perbankan digital terhadap perilaku konsumtif, terutama di kalangan generasi muda yang aktif berbelanja online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan internet banking dan mobile banking terhadap perilaku konsumtif. Kemudahan transaksi dan aksebilitas informasi produk melalui platform digital mendorong individu untuk berbelanja secara impulsif dan tidak terencana. Selain itu, rendahnya literasi keuangan di kalangan mahasiswa juga berkontribusi terhadap perilaku konsumtif yang berlebihan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perbankan, akademisi, dan pembuat kebijakan dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan literasi keuangan dan mengelola perilaku konsumtif di era digital. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku konsumtif, diharapkan dapat tercipta kesadaran untuk bertransaksi secara bijak dan bertanggung jawab

Keywords


Internet Banking, Mobile Banking, Perilaku Konsumtif, Civitas Akademika, Pengguna Online Shop

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Rizki. 2020. Tren Perbankan Masa Kini. Yogyakarta: Deepublish.

Anggadita, L M I Wardani & R. 2021. Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Jakarta: Penerbit NEM.

Anwar, Ma’ruf. 2020. Perbankan Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dwi, Haning. 2013. “Online Shop Sebagai Cara Berbelanja Di Kalangan Mahasiswa UNNES.” Universitas Negeri Semarang.

Eddy Roflin, Iche Andriyani & Pariyana. 2021. Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management. 15th ed. Boston: Pearson Education.

Prasojo, Eko. 2015. Ekonomi Konsumer. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rahmawati, Sofia. 2021. Inovasi Teknologi Dalam Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana.2010.Statistika.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumar’in. 2013. Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumartono. 2002. Terperangkap Dalam Iklan : Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. 2018. Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jakarta: Rajawali Pers.

Suyatno, Thomas. 2010. Dasar-Dasar Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Artikel dalam Jurnal

Arora, A., & Kaur, R. 2020. “Mobile Banking: A Study of Customer Satisfaction in India.” Journal of Business and Management 22(4).

Azhar, Sartika Rahayu & Ahmad Kholil &. 2021. “No Title.” Jurnal Bilal : Bisnis Ekonomi Halal 2 2(2).

Ganjar, Banowati &. 2022. “Pengaruh Fenomena Korean Wave (K-Pop Dan K-Drama) Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemarnya Perspektif Islam.” Jurnal Penlitian Keislaman 18(1).

Ghosh, A. 2020. “Dampak Perbankan Digital terhadap Perilaku Konsumen, Bukti Dari Pasar Berkembang.” Jurnal Inovasi Keuangan 6(1).

Hamid, Abdul. 2018. “Teori Konsumsi Islam Dalam Peningkatan Ekonomi Umat.” J-Ebis 3(2).

Indriyani, Dewi Kusuma & Yuan Novita. 2022. “Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Penggunaan Shoppepay Melalui Perilaku Konsumtif Sebagai Variabel Intervening.” Journal of Innovation Research and Knowledge 1(10).

J.s, Hasting. 2013. “Information, School Choice, and Academic Achievement: Evidence from Two Decades of Massachusetts Student Data.” Quarterly Journal of Economics 128(4).

Khan, M. S., & Jain, S. 2019. “Internet Banking: A Study of Customer Satisfaction in India.” International Journal of Management Studies 6(2).

Maulina, Eddy Rohayedi &. 2020. “Konsumerisme Dalam Perspektif Islam.” Transformatif 4(1).

Pramita, Ni Putu Rai Yuliartini & Kadek Desy. 2022. “Jurnal Komunikasi Hukum.” Jurnal Hukum 8(1).

Rahayu, S. 2020. “The Influence of Digital Payment on Online Shopping Behavior among University Students.” Journal of Economic and Business Studies 8(2).

Sharma, R. 2021. “Online Shopping Behavior in the Digital Age: A Study of Consumers in India. International Journal of Marketing Studies.” International Journal of Marketing Studies 13(4).

Taswiyah, Ali Imron. 2021. “Persepsi dan Preferensi Ibu Rumah Tangga Terhadap Sistem Berbelanja Secara Online.” Jurnal Abdimas BSI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2).

Laman Web

https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Undang-Undang

Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.

Undang-Undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v5i1.2406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.