PENGARUH PEMAHAMAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN USAHA TERHADAP PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DI PASAR ACEH KOTA BANDA ACEH

Dhea Putri Andriani, Puji Aryani, Harisna Rais

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman etika bisnis Islam dalam persaingan usaha terhadap perilaku pedagang muslim. Teknik pengumpulan data menggunakan pembagian angket. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pedagang Muslim di Pasar Aceh Kota Banda Aceh. Teknik Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif etika bisnis Islam terhadap persaingan usaha. dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel etika bisnis Islam dalam persaingan usaha terhadap perilaku pedagang Muslim di Pasar Aceh Kota Banda Aceh. Koefisien determinasi ( ) adalah sebesar 0,344 atau 34,4%. Hal ini menunjukan bahwa sumbangan variabel pemahaman etika bisnis Islam dalam persaingan usaha terhadap perilaku pedagang muslim hanya sebesar 34,4% sisanya sebesar 65,6% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini.

Keywords


Pemahaman Etika Bisnis Islam, Persaingan Usaha, Perilaku Pedagang Muslim

Full Text:

PDF

References


Buku

Abdurrahman, (2008). Fiqih Jual Beli, Jakarta: Senayan Publishing.

Abdurrahman, (2019). Etika Bisnis Perspektif Islam Implementasi Etika Islami Untuk

Dunia Usaha. Bandung: Alfabeta.

Ahmad, (2019). Bisnis sebagai Strategi Islam, Surabaya: Paramedia.

Ali Hasan, (2009). Manajemen Bisnis Syari’ah (Kaya di Dunia Terhormat di Akhirat),

Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Amurullah, (2019). Pengantar Bisnis. Bandung: la goods pubhlising.

Arijanto, (2018). Pokok-pokok Pengetahuan Hukum Dagang Indonesia, Jakarta: Sinar

Grafika.

Arikunto, (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bojo Genteng Sukabumi: CV Jejak.

Aziz, dan Johan Arifin, (2018). Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press. Johan.

Blackburn, (2018). Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press.

Burhan Bungin (ed), (2007). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja

Djakfar, (2018). Kegiatan Ekonomi dalam Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Ferdinand (2014). Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Haris Herdiansyah, (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial,

Jakarta: Salemba Humanika.

Hasan, (2019). Etika Bisnis dalam Islam, Cet, ke 3. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Hasan, dan Hasan aedy, (2019). Teori dan Aplikasi Etika Bisnis Islam, Bandung: Alfabeta.

Heri Purwanto, (1999). Pengantar Prilaku Manusia dalam Bisnis Islam, Jakarta:

Kedokteran EGC.

Muhaimin, (2018). Etika Bisnis Dalam Islam diterjemahkan oleh Samson Rahman,

Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Mulyaningsih, (2019). Perilaku Individu dalam Masyarakat Kajian Komunikasi Social,

Jombang: el-DeHA Press Fakultas Dakwah IKAHA.

Nerdin, (2020). Etika Bisnia Dalam Islam, Jakarta: Kencana.

Sugiyono (2016) Pengertian Kerangka Berfikir. Jakarta: Senayan Publishing.

Wahyuningsih, (2022). Anatomi Perilaku Bisnis: Dialektika Etika dengan Realitas,

Malang: UIN Malang Press.

Dhea Putri Andriani, Puji Aryani, Harisna Rais 19

JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah

Fakultas Agama Islam - Universitas Muhammadiyah Aceh

Vol. 4, No. 1, Mei 2024

Artikel dalam Jurnal

Fariihah (2017) Etika dan Perilaku Bisnis Islam Pedagang pada Kawasan Pasar

Palmerah. Jurnal Ekonomi Islam, Vol.13, No.2.

Johan (2021). Perilaku Pedagang Muslim dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam (Kasus Di

Pasar Loak Jagalan kediri). Jurnal Qawanin, Vol.2, No.1.

Kusnia (2017) Perilaku pedagang di pasar tradisional Ngaliyan Semarang dalam

perspektif etika bisnis Islam. Jurnal Dusturiah. VOL.8. NO.1.

Nerdin, dan. Komari. (2019) Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Dalam Etika

Bisnis Islam. STAI Diponegoro Tulungagung. AT-TUJJAR. Vol. 08 No. 01.

Shinta (2017) Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang

Muslim Dalam Menghadapi Persaingan Usaha. (Studi Kasus Pedagang Muslim

Desa Sungai Danau). Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Syariah dan Ekonomi

Islam. Jurnal Ekonomi Islam, Vol.13, No.7.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v4i2.2199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.