ANALISIS ASET PRODUKTIF, ASET NON PRODUKTIF, LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS PADAPT PT. BANK MUAMALAT INDONESIA. Tbk PERIODE 2018-2022

Mulyadi AR, Dessy Purnamasari, Liani Gusfinur

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan kajian yang lebih mendalam mengenai pertumbuhan aset produktif, aset non produktif, likuiditas dan profitabilitas pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2018-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis induktif yaitu mengumpulkan, menyusun dan mendeskripsikan berbagai dokumen, dan pengumpulan data. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder PT Bank Muamalat Indonesia Tbk yang didapatkan dari website https://www.bankmuamalat.co.id. Hasil penelitian dari aspek aset produktif berkisar pada jumlah yang normal dalam menghimpun dan menyalurkan dananya. Untuk aset non produktif belum berdampak pada kerugian yang relatif bersar, karena potensi kerugian aset non produktif masih bisa ditutupi dengan jumlah aset produktif. Likuiditas yang dilihat dari rasio LDR berada pada posisi likuid. Untuk Profitabilitas yang dilihat dari rasio ROA dapat dikatakan masih sangat kurang baik, karena dilihat dari perbandingan antara laba bersih terhadap total aset sangat rendah.


Keywords


Aset produktif, aset non produktif, likuiditas dan profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Artikel dalam Jurnal:

Aurelia, L., & Setijaningsih, H. T. (2020). Analisis Pengaruh Struktur Aset, Pertumbuhan Aset, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ekonomi Universitas Tarumanagara. DKI Jakarta.

Dokumen Hukum Perundang-Undangan:

Otoritas Jasa Keuangan (2011). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum (Nomor 21/POJK.01/2011). DKI Jakarta.

Artikel dalam Jurnal:

Romdhoni, A. H., Yozika, F. Al, & Rakyat, P. (2018). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah dan Ijarah Terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Disertasi:

Sandora, L. (2020). Analisis Strategi Promosi Produk Simpanan Pelajar (Simpel) Di Pt. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bengkulu. (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Disertasi:

Sari, I. W. (2020). Pengaruh DPK Dan NPF Terhadap Profitabilitas (Retur Non Assets) Pada Bank Mega Syariah Tahun 2016-2018. (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Artikel dalam Jurnal:

Utami, W. B., & Pardawati, S. L. (2016). Pengaruh Likuiditas,Solvabilitas, dan Manajemen Aset Terhadap Kinerja Keungan pada Perusahaan Go Publik yang Terdaftar dalam Kompas 100 Di Indonesia. E-journal STIE AAS Surakarna (Sekolah Timggi Ilmu Ekonomi).

Buku:

Wayan, S. (2013) Manajemen Perbankan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v4i1.2136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.