PENGARUH CITRA PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK ACEH SYARIAH KANTOR CABANG SUBULUSSALAM

Ridwansyah Harahap, Puji Aryani, Hemma Marlenny

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Subulussalam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap nasabah PT. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Subulussalam sampel diambil sebanyak 100 orang nasabah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 41,466 dengan probabilitas signifikasi 0,000. Sedangkan secara parsial kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dibuktikan, variabel citra produk dengan nilai thitung sebesar 2,196, dan probabilitas signifikan 0,030. Variabel kualitas pelayanan dengan nilai thitung 4,864 dan probabilitas signifikan 0,000. Berdasarkan uji R Square (R) pengaruh yang diberikan sebesar 46,1% sedangkan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.


Keywords


Citra Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan.

Kasiram, Moh (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Keuangan, O. J. (t.thn.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. Dipetik Februari 28, 2022, dari https://www.ojk.go.id/waspada investasi/id/regulasi/Documents/UU_No_21_Tahun_2008_Perbankan_Syariah.pdf

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New York: Prencite Hall.

Kurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), XIV(2).

Mulyaningsih, L. A., & Gede Suasana, I. A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank OCBC NISP Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, V(1).

Nalau, A., Hudayah, S., & Wasil, M. (2012). Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan J. Co Donuts dan Coffee di Plaza Mulia Samarinda. Jurnal Ekonomi, Universitas Mulawarman.

Scorita, K. B., & Nurmahdi, A. (2018). Kualitas Layanan Dan Citra Merek Berpengaruh Pada Kepuasan Nasabah Serta Berdampak Terhadap Loyalitas. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, VI(2).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, P. H., & Subagja, I. K. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, VII(1).

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Tombokan, F., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Taplus Bni Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA, III(3).




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v3i1.1741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.