PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI (Studi Pada Dosen Universitas Muhammadiyah Aceh)

Puji Aryani, Susi Wardani, Raja Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Banda Aceh.Populasi penelitian adalah seluruh dosen tetap Universitas Muhammadiyah Aceh.Sampel penelitian berjumlah 100 orang dan dipilih secara random. Hasil penelitian mendapati bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi berturut-turut adalah 0,002 dan 0,000., lebih kecil dari 0,05. Nilai uji F mendapati bahwa secara simultan kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,000, lebih kecil dari 0,000. Sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 42%.Tingkat hubungan antara variabel independen dan variabel dependen adalah kuat, ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,648.Implikasi dari penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia harus selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan nasabah.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmojo, Agung Purwo.(2010). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, dan Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah. Skripsi: Universitas Diponegoro Semarang.

Bungin, Burhan. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Social lainnya. Edisi pertama. Cetakan kedua. Jakarta: Kencana.

Cahyanti, Intan Nur. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun). Skripsi. 2021.

Erdyansyah, Teuku. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Mandiri. Jurnal: Prosiding Seminar Nasional Ekonomi. Universitas Malikussaleh Aceh Utara.

Kurniawan, Didik. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Kirom, Bahrul. (2009). Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Jakarta: Pustaka Reka Cipta.

Kotler. (2008). Manajemen Pemasaran, jilid 1dan 2. Jakarta.:Indeks. Kelompok Gramedia.

Mubarokati, Maulani.(2017). Analisis Kualitas Layanan dan Tingkat Kepuasan Nasabah PT. BNI Syariah Cabang Medan dengan Metode Servqual. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nasution, Rohaya. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BCA Cabang Medan.Skripsi: Universitas Sumatera Medan.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v3i1.1703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.