IMPLEMENTASI MAQASHID SYARIYYAH DALAM IJTIHAD UMAR BIN KHATTAB

Cut Nova Rianda, Asra Febriani, Yoni Hendrawan

Abstract


Penelitian ini berjudul Maqashid Syariaah dalam Metodologi Ijtihad Umar bin Khattab. Fokus penelitian ini adalah pada kajian penerapan maqashid syariah oleh Umar bin Khatab. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji penerapan maqashid syariyyah dari dua ijtihad Umar bin Khattab yakni pengusiran non-muslim dari jazirah Arab dan pemberian subsidi bagi rakyat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berbasis kepustakaan dengan metode contentanalysis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, pertama, penyebab Umar bin Khattab mengusir Yahudi dan Nahrani dari Jazirah Arab karena mereka melakukan transaksi riba dalam bisnis yang bisa melumpuhkan perekonomian orang Islam. Hal ini adalah perwujudan Maqashid Syariah dalam menjaga harta. Kedua, Umar bin Khattab memberikan subsidi secara berkelanjutan untuk menjamin kehidupan rakyat. Ini merupakan implementasi Maqashid Syariah dalam menjaga jiwa.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Abu Ishaq Asy-Syathibi. (1302 H). Al-Muwafaqat. Tunis.

Adiwarman A.Karim.(2004).Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ali Jum ah Muhammad. (2004). Aliyatu Al-Ijtihad. Kairo: Al-Rislah.

Asfari Jia Bakri. (1994). Konsep Maqashid al-Syari ah Menurut Al-Syatibi Dan Relevansinya Dengan Ijtihad Hukum Islam, disertasi di UIN Syarif Hidayatullah.

al-Alwani, Thaha Jabir.(1995).Ushlu al-Fiqhi al-Islmi: Manhaju Bahts wa Marifah. Herdon, Virginia, U.S.A: al-Mahad al-Almi li al-Fikr al-Islmi.

Amir Syarifuddin.(2008). Ushul Fiqh, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Auda, Jasser.(2015). Membumikan Hukum Islam Melalui Maqashid Syariah. Penerjemah Rosidin dan Ali Abd el Munim. Bandung: Mizan Pustaka.

Busyro. (2019). Al-Maqashid Al-Syariah, Jakarta:Kencana.

Imam Mawardi. (2010). Fiqih Minoritas Dan Evolusi Maqashid al-Syari ah Dari Konsep Ke Pendekatan, disertasi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Jogjakarta: LKiS.

Jughaim, Numan. (2014). Thuruq al Kasyf an Maqashid al Syari .Yordan: Dar al Nafas.

Muhammad Baltaji.(2003). Metodologi Ijtihad Umar bin Al-Khattab. Kairo: Dar As-Salam.

Muhammad al-Thahir Ibnu Asyur. (2001).Maqashid al Syari ah al Islamiyyah, Tunis: Syarikah Tunisiyyah li an nasyr wa at Tauzi.

Rohman, Holilur, Maqashid Syariah Mazhab SyafiI dan Urgensinya dalam Ijtihad Kontemporer (Jurnal Hukum Islam), Vol. 16, No. 2, Desember 2018.

Sri Wahyuni.(2019). Kinerja Maqashid Syariah dan Faktor-Faktor Determinan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Sutisna, dkk. (2021). Panorama Maqashid Syariah. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Syarifuddin. (2008). Amir Ushul Fiqh, Jakarta: Kencana Prenadamediagroup.

Yusuf Al-Qaradhawi.(2007).Fiqh Maqashid Syariah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v2i2,November.1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.