DETERMINAN MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PEGADAIAN SYARIAH

Auliani Auliani, Khairil Umuri

Abstract


Pegadaian syariah mempunyai peran yang sangat penting dalam membantu UMKM mengenai permasalahan permodalan. Penelitian ini berusaha mengkaji pengaruh harga, pomosi, dan kualitas produk terhadap minat nasabah memanfatkan produk Arrum BPKB di Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh. Instrumen survei dengan menggunakan kuesioner merupakan perangkat yang digunakan pada penelitianini. Populasi penelitian merupakan nasabah yang menggunakan produk Arrum BPKN dengan jumlah sampel sebanyak 109 nasabah.Hasil yang diperoleh dengan menggunakan Regresi Linier Berganda yaitu terdapatpengaruh signifikan harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat nasabah menggunakan produk Arrum BPKB. Pegadaian syariah harus memperhatikan harga, promosi, dan kualitas produk yang ditawarkan agar semakin menarik minat masyarakat menggunakan produk tersebut.


Keywords


Harga, Promosi, Kualitas Produk

Full Text:

PDF

References


Amah, N. (2017). Determinan Minat Nasabah Pengguna Jasa Rahn dan Ijarah pada Kantor Cabang Pegadaian Syariah Madiun. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 2(2).

Ermawati, C & Sidiq, A.W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Minat Menabung Nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kcp Kendal Boja. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonom, 19 (3).

Fuad, M & Trianna, M. (2018). Analisis Peran Pembiayaan oleh Pegadaian Syariah Bagi Pengembangan UMKM (Studi Kasus Produk Arrum di Kota Langsa). J-EBIS, 3 (2).

Haerisma, A.S., Ahdi, M & Adha, L. (2021). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas dan Promosi terhadap Minat Nasabah dalam Produk Cicil Emas pada Pegadaian Syariah Pasar Baru Indramayu. Jurnal Ekonomi Rabbani, 1 (2).

Hair, et al. (2010). Multivariate Data Analysis. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Hertika, E., Saiful., & Suranta, E. (2016). Determinan Minat Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Syariah. Jurnal Fairness, 6 (3).

Kartini, N. (2019) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah terhadap Produk Gadai (Ar-rahn) pada PT. Pegadaian Syariah UPS Lamteumen. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Khasanah, U. N. (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Pelayanan terhadap Minat Nasabah pada Pembiayaan Ijarah di KSPS BMT MASS NGRAMBE. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif (Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi). Yogyakarta:Unit Penerbit Dan Percetakan (UPP) STIM YKPN.

Maghfirah, L & Nurdin, R. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Rahn pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1 (1).

Muftifiandi (2015). Peran Pembiayaan Arrum bagi UMKM pada Pegadaian Syariah Simpang Patal Palembang. I-FINANCE: a Research Journal on Islamic Finance 1(1)

Nasution, A.K & Ilhamy, M. L. (2022). Pembiayaan Porsi Haji Pegadaian Syariah dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah (Studi Kasus: Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Madina). Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 2 (2).

Nurhikmah & Ismaulina. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Nasabah dalam Memilih Tabungan Emas pada Pegadaian Syariah Takengon. Jurnal At-Tijarah: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2 (1).

Pertiwi, G.H., Yuliani, M & Meliza, D. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah terhadap Produk Amanah di Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah (UPS) Tapung Pekan Baru. Jurnal Al-Falah Perbankan Syariah, 2 (1).

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Soumena, M. Y & Rusnaena. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Gadai Emas di Bank Syariah Mandiri Kcp Polewali. Jurnal Banco 1 (1).

Suyadi., S & Suryani, S. (2018).Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29 (1).

Syaifudin, M (2016). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Pegadaian Syariah Kabupaten Grobogan. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 4 (2).

Triandaru, S& Budisantoso, T. (2006). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

Veronica, A., Fasa, M.I., & Suharto. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah terhadap Produk Rahn pada Pegadaian Syariah. Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah, 3 (2).

Windasari, M. Z. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen dalam Memilih Pegadaian Syariah di Kota Banjarmasin, Jurnal Studi Ekonomi,




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v2i2,November.1457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.