ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) DI INDONESIA

Hazar Fitri Mahyana, puji Aryani, Harisna Rais

Abstract


PenelitianinibertujuanuntukmenganalisisbagaimanapengaruhDana PihakKetiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadappenyaluranpembiayaanpada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia.Penelitianinidilatarbelakangi oleh pentingnyatingkatpenyaluranpembiayaan BPRS yang optimal kepadamasyarakat yang nantinyaakandigunakansecara optimal pula oleh masyarakat. Sampel yang digunakandalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia pada periode tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Data dalampenelitianinimenggunakan data sekunderyang diperolehdari data bulanan Bank Indonesia dalamStatistikPerbankanSyariah. Penelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatif dan eksplanatoridenganmetodeanalisis data statistic deskriptif dan uji hipotesis. Variabeldependen yang digunakandalampenelitianiniadalahpenyaluranpembiayaanpada BPRS yang ada di Indonesia,sedangkan variable independent yang digunakandalampenelitianiniadalahDana PihakKetiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), dan Capital Adequacy Ratio (CAR). Hasil penelitianmenunjukkanbahwasecarabersama-sama variable independent penelitian yang terdiridari DPK, NPF, dan CAR berpengaruhterhadappenyaluranpembiayaanpada BPRS yang ada di Indonesia.Secaraparsial variable DPK berpengaruh secara positifterhadap penyaluran pembiayaan BPRS. Variable CAR juga berpengaruhsecarapositifterhadap penyaluran pembiayaan BPRS.Hanyaadasatu variable yang tidakberpengaruhsecarasignifikanterhadappenyaluranpembiayaan, yaitu variable NPF.

Keywords


PenyaluranPembiayaan, Dana PihakKetiga,Non Perfoming Financing, Capital Adequacy Ratio,BPRS Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abdul Ghafur Anshori. 2007. Perbankan Syariah di Indonesia,Yogyakarta: GadjahMada University Press.

Alfian Lains.2003. Ekonometrika Teori dan Aplikasi Jilid l,Jakarta:Pustaka LP3ES Indonesia,

Darmawi, Hermawan.2012. Manajemen Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iman Ghozoli. 2005.AplikasiAnalisis Multivariate dengan program spss, Semarang: Badan Penerbit Universitas Di Ponegoro.

Indriantori dan Supomo. 2014.SumberPenelitian Data Primer.

J.Supranto. 2005.Ekonometri,Bogor:Ghalia Indonesia.

Kasmir. 2011. Dasar-Dasar Perbankan,Jakarta:PT.Raja Graindo Persada.

MuhammadTeguh.2005.Metodologi Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi,Jakarata:PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad. 2002.Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: UPP AMP.

Nachrowi dan Hardius. 2006. Pendekatan dan PraktisEkonometrikauntukAnalisis Ekonomi dan Keuangan,Jakarta:Lembaga PenerbitFakultas Ekonomi UI.

Nur Rianto Al-Arif. 2011. Dasar-Dasar Ekonomi Islam,Solo : PT Era Adicitra Intermedia.

SelametRiyadi. 2006. Banking Assets and Libilitty Management, Jakarta: Lembaga PenerbitFakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Setiawan dan Dwi Endah Kusrini. 2010. Ekonometrika,Yogyakarta:CV ANDI.

Veithzal Rivai dan Andria Permata, Credit Management Handbook. 2008.Teori, Konsep, Prosedur dan Aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa, Bankir, dan nasabah,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Neil Al Muna, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Sektor Pertanian Kehutanan, dan Sarana Pertanian pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia.(Skripsi S1 UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta, 2013).

Achmad Fauzi,dkk. AnalisisCapital Adequacy RAtio (CAR) danPenilaianTingkat Kesehatan Bankpada PT BankSyariahxxx. (JurnalIlmiahManajemenBisnisdanInovasi UniversitasSamRatulangi (JMBI UNSRAT. Vol.7 No.1 Maret 2020. ISSN 2356-3966 E-ISSN: 2621-2331).

WuriArianti dan GedeAgus, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit BPR diProvinsi Bali, (Jurnal Akuntansi dan Manajemen: ISSN: 2303-0178, 2013).

UU Perbankan Syariah No. 21 tahun 2008, Kegiatan Usaha Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, Pasal 21.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v2i1,%20Mei.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.