ANALISIS KELAYAKAN PRODUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO DENGAN AKAD MURABAHAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG PEMBANTU ACEH DARUSSALAM

Erdin Utama, Puji Aryani, Susi Wardani

Abstract


Analisis kelayakan produk pembiayaan mikro dengan akad Murabahah untuk mengetahui bagaimana prosedur pembiayaan yang diterapkan pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Aceh Darussalam. Penelitian ini dilakukan pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Aceh Darussalam yang letaknya di JL. T. Nyak Arief No. 376 Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kelayakan pembiayaan mikro pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Aceh Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk menilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel satu dengan yang lainnya. Pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Aceh Darussalam tidak terlepas dari mekanisme perjanjian yang diterapkan berdasarkan syarat dan rukun dalam akad, sesuai dengan yang dikemukakan ulama fiqhyah dan juga Dewan Syariah Nasional MUI tentang Murabahah. Kegunaan penelitian ini adalah hasil dari pengamatan dan dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan dalam melakukan tindakan-tindakan yang dilakukan dapat menjadi sebuah informasi dan bahan referensi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.


Keywords


Produk, Pembiayaan Usaha Mikro, Akad Murabahah, Bank Syariah Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abdul, Ghofur Anshori. (2010). Hukum Perjanjian Islam Di Indonesia, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Adiwarman A. Karim. (2010). Bank Islam Analisis Fiqih Dan Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ali Murtadho, Abdul Ghofur. (2012). Menuju Lembaga keuangan yagn Islami dan Dinamis, Semarang: Villa ngaliyan Permai.

Ascarya. (2011). Akad dan Produk Bank Syariah, Jakarta: Rajawali Pers.

Bagya, Agung Prabowo. (2012). Aspek Hukum Pembiayaan ?ba?a? Pada Perbankan Syariah, Yogyakarta : UII Press.

Haris, Herdiansyah. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups (Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif), Jakarta : Rajawali Pers.

Ismail, Nawawi. (2012). Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer, Bogor: Ghalia Indonesia.

Khaerul, Umam. (2013). Manajemen Perbankan Syariah, Bandung: CV. Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v2i1,%20Mei.1315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.