ANALISYS OF RUPIAH EXCHAGE RATE DEPRECIATION TOWARDS DOLAR (US $)

Cut Nova Rianda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio suku bunga terhadap nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Ke-38 sampel tersebut didasarkan pada data time series tiga bulanan dari tahun 2006 2015. Penelitian ini dilakukan di Bank Indonesia karena tujuannya hanya untuk mencapai dan menjaga kestabilan nilai Rupiah. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana dengan program Eiews 6.0. Berdasarkan hasil uji simultan (Uji F) diperoleh hasil bahwa bunga berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar. Rasio suku bunga berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Apakah suku bunga naik 1%, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS akan turun 0,115363%. Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS dipengaruhi oleh tingkat suku bunga sebesar 23% dan sisanya sebesar 77% oleh faktor lain yang mempengaruhi variabel suku bunga.


Keywords


Kata Kunci: Rasio Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah

Full Text:

PDF

References


Amir. (1999). Ekspor-Impor dan Penerapannya, Jakarta : Pustaka Binaman Presindo.

Berlianta, Heli Chrisma. (2005). Mengenal Valuta Asing, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Joesoef, Jose Rizal. (2008). Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing, Jakarta: Salemba Empat.

Mishkin, Frederic S. (2008). Ekonomi, Uang Perbankan dan Pasar Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad, Sulhan. (2008). Transaksi Valuta Asing (Alshorf) Dalam Perspektif Islam, Jakarta : Iqtishoduna.

Pinem, Juniartha R. (2009). Analisis Pengaruh Ekspor, Impor, Kurs Nilai Tukar rupiah Terhadap Cadangan Devisa Indonesia, Yogyakarta : USU Reposirtory.

Sholehuddin, Sulton. (2013), Analisis Pengaruh Kurs, Inflasi, Suku Bunga Indonesia, Harga Minyak Dunia Terhadap Ekspor Komoditi, (Studi Pada PT. Perkebunan Nusantara XII) UIN Malang.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v2i1,%20Mei.1298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.