PERKEMBANGAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) DALAM MENINGKATKAN KEUANGAN INKLUSIF PADA UMKM DI ACEH

khairiah khairiah

Abstract


Struktur perekonomian dunia saat ini telah memasuki Revolusi Industri Keempat atau disebut Industri 4.0. Suatu kondisi pada abad ke-21 dimana terjadi perubahan besar-besaran di berbagai bidang lewat perpaduan teknologi yang mengurangi sekat-sekat antara dunia fisik, digital dan biologi. Difusi gelombang teknologi digital telah merangsek masuk ke hampir semua aspek kehidupan dan ekonomi masyarakat dunia, seperti transportasi, kesehatan, pendidikan, ritel, hotel, dan bahkan keuangan. Industri keuangan Indonesia bahkan Aceh sekalipun sudah mulai menggunakan FinTech dalam dunia usaha. Ini ditandai dengan munculnya perusahaan rintisan baru (startup) yang tumbuh demikian cepat. FinTech memberi solusi struktural bagi pertumbuhan industri berbasis elektronik (e-commerce), mendorong pertumbuhan UMKM serta lahirnya wirausahawan baru, mendorong usaha kreatif serta memungkinkan pengembangan pasar terutama yang masih belum terlayani jasa keuangan dan perbankan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan FinTech dalam meningkatkan UMKM di Aceh, bagaimanakah peranan dan ancaman FinTech di Aceh. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan lembaga terkait dan pelaku usaha. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa FinTech di Aceh baru berkembang pada tahap awal, ditandai dengan telah munculnya perusahaan startup cari modal.id sebagai satu-satunya startup FinTech dengan sistem equity crowdfunding. FinTech dapat meningkatkan inklusi keuangan dikarenakan masih banyak UMKM mempunyai masalah pendanaan dan belum terlayani jasa keuangan dan perbankan konvensional (unbanked population), dengan adanya FinTech akses layanan keuangan dan permodalan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Salah satu strategi FinTech dengan cara sosialisasi dan edukasi yang lebih intens kepada UMKM baik yang dilakukan oleh pihak pemerintah maupun pihak perusahaan FinTech itu sendiri, supaya UMKM dapat menjadikan FinTech sebagai alternatif dalam mencari modal usaha.


Keywords


Financial Technology, Keuangan Inklusif, UMKM

Full Text:

PDF

References


Aaron, M., Rivadeneyra, F., and Sohal, S. 2017. FinTech : Is this time different A framework for assessing risks and opportunities for Central Banks. Bank of Canada Staff Discussion Paper 2017-10 (July). Canada : Bank of Canada.

Arner, D.W., Barberis, J., and Buckley, R.P.2015. The evolution of FinTech : A new post-crises paradigm?. University of Hong Kong.

Bank Indonesia. 2014. Booklet Financial Inclusion. Jakarta: Bank Indonesia

Financial Stability Board FSB. 2017a. FinTech credit : Market structure, business models and financial stability implications. May 2017.

Financial Stability Board FSB. 2017b. Financial Stability Implications From FinTech. 27 June 2017.

Galih, Izzatunnisa. 2017. Perbedaan Crowdfunding, P2P Lending, Marketplace Lending dan Equity Crowdfunding.

Griffoli, T. M. 2017. Banking on change. Finance & Development (September), Vol. 54, No. 3. Washington DC, International Monetary Funds.

Hadad, Muliaman. OJK Manfaatkan Teknologi Informasi Dukung Inklusi Keuangan. Tercantum dalam http://mysharing.co/muliamanhadad-ojk-manfaatkan-teknologi-informasi-dukung-inklusi-keuangan/. Diakses 13 Oktober 2018, pukul 13.15.

Hendro, F., & Husein, H. 2018. Analisis Swot Financial Technology Pada Dunia Perbankan Di Kota Ambon ( Survei Pada Bank di Kota Ambon ), 2.

Kelkar, V. 2010. Financial Inclusion for Inclusive Growth. ASCI Journal of Management, 55-68.

Nizar, Muhammad Afdi. 2017. Teknologi Keuangan (FinTech) : Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia. Warta Fiskal Edisi #5. Researchgate.

Sarma, M. 2012. Index of Financial Inclusion A measure of financial sector inclusiveness. Berlin Working Papers on Money, Finance, Trade and Development, No.7, p.1-34.

Umar, A. I. (n.d.). Index of Syariah Financial Inclusion in Indonesia, 99126.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

World Bank. 2014. Financial Inclusion Data/Global Findex. http://datatopics.worldbank.org/ financialinclusion/country/Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v1i2,November.1184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.