PENGARUH INTERNET BANKING, MOBILE BANKING DAN ATM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI KC PALEMBANG SIMPANG PATAL

M. Somadi, Havis Aravik, Choirunnisak Choirunnisak

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Internet Banking, Mobile Banking dan ATM terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Palembang Simpang Patal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan layanan Internet Banking, Mobile Banking dan ATM pada PT Bank Syariah Indonesia KC Palembang Simpang Patal. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan metode kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa Internet Banking, Mobile Banking dan ATM secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Palembang Simpang Patal. Berdasarkan pada pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,829 berarti 82,9% faktor-faktor Kepuasan Nasabah dapat dijelaskan oleh Internet Banking, Mobile Banking dan ATM. Sedangkan sisanya sebesar 17,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Internet Banking, Mobile Banking, ATM dan Kepuasan Nasabah.


Full Text:

PDF

References


Alhusain, A. S. (2021). Bank Syariah Indonesia: Tantangan Dan Strategi Dalam Mendorong Perekonomian Nasional. Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 8(3), 1 dan 5.

Apriliani, F. dkk. (2014). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Bandar Jaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Universitas Brawijaya, 17(1), 2.

Aravik, H., & Hamzani, A. I. (2021). Etika Perbankan Syariah: Teori dan Implementasi. Deepublish.

Fandi, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking PT Bank Syariah Mandiri Surabaya. Jurnal Ekonoi Islam, 2(3), 7.

Mainata, D. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Performa Automatic Teller Machine (ATM) Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tenggarong Seberang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 3. https://doi.org/10.35931/aq.v3i2.167

Marginingsih, R. (2020). Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi Pada Pengguna BRI Mobile Di Kota Depok). Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 8. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7475

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Supriyono, M. (2011). Buku Pintar Perbankan. Andi Offset.

Winata, V. P. dkk. (2018). Analisis Kemudahan Penggunaan, Efisiensi Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan BSM Mobile Banking Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Payakumbuh. Jurnal Ekonomika Syariah, 2(2), 8.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v1i2,November.1126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.