PENGARUH PROMOSI DAN PENGETAHUAN TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMILIHBANK SYARIAH

Suryadi Afdilla, puji aryani, hemma marlenny

Abstract


Abstrak

Istilah Bank Islam atau Bank Syariah merupakan fenomena baru dalam dunia ekonomi modern, kemunculannya seiring dengan upaya gencar yang dilakukan oleh para pakar Islam dalam mendukung ekonomi Islam yang diyakini akan mampu mengganti dan memperbaiki sistem ekonomi konvensional yang berbasis pada bunga.Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai produk jasa yang ditawarkan baik mekanisme, sistem, dan seluk-beluk bank syariah. Sistem bank syariah menerapkan sistem bebas bunga (interest free) dalam operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, pengetahuan terhadap minat masyarakat memilih bank syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang calon nasabah PT. Bank Aceh Syariah Cabang Kantor Wali Kota Banda Aceh. Data dalam penelitian ini menggunakan jenis data kuesioner.Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung 6,863 lebih besar dari F tabel 3,20. artinya secara simultan variabel Promosi (X1), Pengetahuan (X2), berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat memilih PT. Bank Aceh Syariah. Secara parsial, promosi (X1) nilai t hitung sebesar 2,021, dan pengetahuan (X2) nilai hitung 3,084 menunjukkan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat memilih PT. Bank Aceh Syariah.Bagi PT. Bank Aceh Syariah disarankan untuk meningkatkan promosi, kreatifitas promosi, sosialisasi pengetahuan terhadap keunggulan produk-produk bank syariah guna menarik masyarakat untuk memilih bank syariah.


Keywords


Kata Kunci : Promosi, Pengetahuan, Minat, dan Bank Syariah.

Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafii, (2001). Bank Syriah dari Teori ke Peraktek, Gema Insani Press dan Tazkia Cendikia: Jakarta.

Boyd, Harper W. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.

Djalali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Asara.

Hasan, M.Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen Fokus pada Konsumen Kartu Keredit Perbankan.Bandung: Alfabeta.

Karnaen A. Perwaatmadja.(2005). Membumikan Ekonomi Islam di Indonesia, Dalam Sofniyah Ghufron (penyunting) Briefcase Book Edukasi Profesional Syariah Konsep dan Implementasi Bank Syariah. Cetakan 1. Jakarta: Renaisan.

Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip PemasaranEdisi 8 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sistaningrum. (2002). Tujuan Promosi: Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2007). Manajemen Penjualan Produk.cetaka Pertama. Kanisius: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v1i1,%20Mei.1033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.