KEANEKARAGAMAN TANAMAN HIAS DI PEKARANGAN RUMAH PENDUDUK DESA COT GUT KABUPATEN NAGAN RAYA

Ulia Hanum, Mauizah Hasanah

Abstract


Manusia dapat membentuk suatu komunitas dengan keanekaragaman jenis tumbuhan tertentu menurut linkungan yang dikehendaki seperti tanaman hias dan tanaman pelindung di pekarangan. Pekarangan rumah masyarakat Desa Cot Gut Kabupaen Nagan Raya banyak terdapat jenis tumbuhan  yang beranekaragam terutama dari kelompok tanaman hias. Namun, tanaman yang ada di pekarangan itu belum didata dan diinventarisasi secara taksonomi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekayaan jenis dan tingkat Keanekaragaman jenis tanaman hias yang terdapat di pekarangan penduduk desa Cot Gut Kabupaten Nagan Raya. Pengumpulan data menggunakan metode survey Lapangan, untuk melihat kekayaan jenis tanaman hias yang terdapat di lokasi penelitian. Data dari lapangan dianalisis dengan Indeks Keanekaragaman Shannon – Wiener. Hasil penelitian diperoleh 20 jenis tanaman hias dari 18 familia dengan total jumlah individu 269 tanaman hias dari 20 pekarangan rumah penduduk  desa Cot Gut Kecamatan Seunagan Timur Kabupeten Nagan Raya. Nilai Indeks Keragaman Jenis (H’) tanaman hias di pekarangan rumah penduduk Desa Cot Gut Kabupaten Nagan adalah 2,723.

 

Kata kunci: Kekayaan Jenis, Inventarisasi, Survey Lapangan.

Keywords


Kekayaan Jenis, Inventarisasi, Survey Lapangan.

Full Text:

PDF

References


Agastya, P., Wijayanti, & Artini. (2022). Potensi Pengembangan Usaha Tanaman Hias di Desa Petiga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/JAA/article/view/89716/45427.

Direktorat Jenderal Holtikultura. (2013). Pedoman Teknis Peningkatan Produksi, Produktivitas Dan Mutu Produk Hortikultura Berkelanjutan Tahun 2014. Jakarta.

Enita, C. N. 2015. Integrasi Tema Pragmatik Dengan Nilai Keislaman Pada Perancangan Arboretum Tanaman Hias Di Kota Batu.

Feriatin. (2017). Keanekaragaman Tanaman Pekarangan dan Pemanfaatannya untuk Mendukung Ketahanan Pangan Kecamatan Wakorumba Selatan. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/JIPI/article/view/17518/12689.

Hartati, S. 2011. Tanaman Hias Berkhasiat Obat. Bogor. IPB Press.

Maguran, A.E. (2004), Measuring Biological Diversity. Blackwell Publising.

Majanah & Saputri. (2019). Pemanfaatan Tanaman Hias sebagai Obat Tradisional. Jurnal Jeumpa. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jempa/article/download/1750/1306/

Maisyaroh, W. (2010). Struktur Komunitas Tumbuhan Penutup Tanah di Taman Hutan Raya R. Soerjo Cangar, Malang, Jurnal Pembangunan dan Alam Lestari. Vol. 1 No. 1.

Mirawati, B., Muhlis, & Sedijani. (2016). Efektifitas Beberapa Tanaman Hias dalam menyerap Timbal (Pb) di Uadara. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/32/32.

Murti, A. 2013. Kupas Tuntas tentang Pengobatan Tradisional, Pemahaman, Manfaat, Teknik, dan Praktik. Yogyakarta. Transidea Publising.

Purwanti, S., Kastono, & Irwan. (2010). Identifikasi dan Penilaian Visual Tanaman Hias di Kawasan Gembira Loka Yogyakarta.

Sriastuti, W., Herawatiningsih, & Tavita. (2018). Keanekaragaman Jenis Tumbuhan yang Berpotensi Sebagai Tanaman Hias dalam Kawasan IUPHHK-HTI PT. Bhatara Alam Lestari di Desa Sekabuk Kecamatan Sadaniang Kabupaten Mempawah. Jurnal Hutan Lestari. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfkh/article/view/24288/75676575936.

Ulinniam, U., Sopwan, & Muhaemin. (2022). Keanekaragaman Tanaman Hias di Desa Kedokanbunder sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa SMA kelas X. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, Retrieved from https://prin.or.id/index.php/JURRIPEN/article/view/351/383.

Wahzaldi. 2007. Pekarangan Indah dengan Tanaman Obat. Bandung. Putra Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.37598/biosainsdik.v3i1.1995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.