PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN KEPEMIMPINAN ETIKA TERHADAP LOYALITAS KERJA PADA PT ALAM HIJAU ENERGI BANDA ACEH

Muhammad Jaka Wiratama, Aida Fitri, Harbiyah Gani

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di PT. Alam Hijau Energi Banda Aceh. Objek penelitian berhubungan motivasi kerja dalam memediasi pengaruh dukungan sosial dan kepemimpinan etika terhadap loyalitas kerja pada PT. Alam Hijau Energi Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dukungan Sosial dan Kepemimpinan Etika terhadap Loyalitas Kerja yang dimediasi oleh Motivasi Kerja. Penelitian ini dilakukan terhadap 150 karyawan dengan penentuan sampelnya menggunakan teknik sensus.. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode sensus yaitu jika populasi kurang dari seratus maka diambil populasi dijadikan sampel. Dari hasil penelitian yang telah dibahas sebelumnya bahwa Dukungan Sosial dan Kepemimpinan Etika berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja dan Loyalitas Kerja. Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Kerja. Motivasi Kerja memediasi secara parsial pengaruh Dukungan Sosial dan Kepemimpinan Etika terhadap Loyalitas Kerja..

Keywords


Dukungan Sosial; Kepemimpinan Etika; Motivasi Kerja; Loyalitas Kerja

Full Text:

PDF

References


Ali Hasan, (2017) Marketing Word Of Mouth Yogyakarta: Medpress,

Akbar, Muhammad Ridho. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Mobil Mitsubishi Xpander. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: PPs Universitas Negeri Medan.

Basamalah, F. M. (2010). Pengaruh Komunitas Merek Terhadap Word Of Mouth. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(1), 79–89.

Fredereca dan Chairi. 2010. “Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Smartphone Blackberry. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127–143.

Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127–143.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shopee Di Pekan Baru. Jurnal Valuta, 4(1), 71–85

Pratiwi, Nikma Yolanda (2015) Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Pati, Diponegoro Journal Of Management, Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015, Halaman 1-11ISSN (Online): 2337-3792Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v4i1.2168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.