PENGARUH PERILAKU GAYA HIDUP DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI MEDIA SOSIAL PADA BIRYANIHOUSE_BYPHONNA LAMSEUPENG BANDA ACEH

Suryani Murad, Nara Pristiwa, Nara Pristiwa, Muhammad Ziaul Kautsar, Muhammad Ziaul Kautsar

Abstract


Penelitian ini berjudul "Pengaruh Perilaku Gaya Hidup dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online di Media Sosial pada BiryaniHouse_byPhonna Lamseupeng Banda Aceh". Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa besar pengaruh perilaku gaya hidup dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online di platform media sosial, khususnya dalam konteks BiryaniHouse_by Phonna Lamseupeng di Banda Aceh. Metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif untuk menganalisis data, dan survei digunakan untuk mengumpulkan data dari konsumen yang berinteraksi dengan media sosial BiryaniHouse_byPhonna. Kebaruan penelitian ini terletak pada penekanan pada integrasi faktor gaya hidup dan kepercayaan konsumen dalam konteks spesifik pembelian online di media sosial di Banda Aceh, yang belum banyak diteliti dalam literatur sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik perilaku gaya hidup maupun kepercayaan konsumen memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian online. Perilaku gaya hidup berkontribusi pada intensitas penggunaan media sosial untuk pembelian, sedangkan kepercayaan konsumen mempengaruhi keputusan akhir dan loyalitas pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengelolaan gaya hidup dan peningkatan kepercayaan konsumen sangat penting untuk mendorong keputusan pembelian online yang lebih baik. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang mungkin mempengaruhi keputusan pembelian online serta melakukan studi perbandingan di berbagai jenis usaha atau wilayah untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang dinamika pembelian online di media sosial.

Keywords


Gaya Hidup; Kepercayaan Konsumen; Pembelian Online; Media Sosial;

Full Text:

PDF

References


Giantari, G. A. K. (2021). Niat Belanja Online Berbasis Pengalaman, Kepercayaan dan Persepsi Kontrol Perilaku. Jakarta: Media Sains Indonesia.

Jashari, D. (2017). Kewirausahaan dan Bisnis Online. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2018). A Trust-Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decision Support Systems, 44(2), 544–564. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dss.2007.07.001

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kottler. (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, A. (2019). Gaya Hidup Metroseksual Perspektif Komunikasi Masyarakat. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Mulyana, A. (2021). Gaya Hidup Metroseksual, Perspektif Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachmanto, R. (2019). Membangun Online Shop dengan Wordpress. Jakarta: Media Komputindo.

Satriani, M. (2022). Kepuasan Belanja Fashion Secara Online. Bengkulu: Fatmawati.

Setiadi, N. (2020). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (Edisi Revi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sujarweni. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, & Wiratna. (2019). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v4i1.2187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.