ANALISIS STRATEGI PEMASARAN OBAT HERBAL PADA PT. MARDA BALIA NIAGA DI KOTA BANDA ACEH

Siti Hajar, Tuwisna Tuwisna, Devi Kumala

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran obat herbal pada PT. Marda Balia Niaga di Kota Banda Aceh. Sesuai dengan masalah dan tujuan yang dirumuskan, maka penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi strategi pemasaran PT. Marda Balia Niaga di Kota Banda Aceh berada pada kuadran I, hal tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan di mana PT. Marda Balia Niaga di Kota Banda Aceh memiliki peluang dan kekuatan yang sangat baik. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growthoriented strategy).


Keywords


Strategi Pemasaran; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Ditjen POM. (1995). Materia Medika Indonesia Jilid VI, Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. Ditjen Pom. (2006). Pedoman Cara Pebuatan Obat yang Baik. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Fauzani, M., Akramiah, N., & Sutikno, B. (2018). Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk PT. Karunia Sentosa Plastik. Jurnal EMA, 3(2), 104-117.

Janah, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omzet Penjualan pada Perusahaan Roti Kiki di Kandangan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1.

Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta; Prehallindo. Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran. New Jersey; PT. Indeks.

Kotler, Philip; Amstrong, Gary. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta; Erlangga.

Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis (Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(2), 921-932.

Mulyani. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan pada Rumah Makan Bakmi Witosari 2 Purwokerto Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1.

Mulyono, Joko dan Munibah Jhursatul. (2016). Strategi Pembangunan Pertanian di Kabupaten Bantul Dengan Pendekatan SWOT. Bogor; Institut Pertanian Bogor.

Pardila, P. (2018). Strategi Pemasaran Usaha Kue Lidiya Bakery di Jorong Dahlia Nagari Lubuk Jantan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1.

Rangkuti, Freddy. (2019). Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Rangkuti,

Freddy. (2019). Strategi Promosi yang Kreatif dan Anlisis kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta; PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rohmah. K. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Pasar pada Toko Roti Merah Delima Kediri. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1.

Slahanti. M. (2022). Strategi Pemasaran Sebelum dan Setetlah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Produsen Wingko Babat Padangsari). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1.

Suryatama, Erwin. (2019). Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Yogyakarta;

Kata Pena. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. (2018). Strategi Pemasaran. Jakarta; Andi.




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v3i1.1798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.