PENGARUH POTONGAN HARGA SERTA KUALITAS PRODUK PADA KONSUMEN SHOPEE DI KECAMATAN BABAHROT ABDYA

Riwanul Nasron, Ade Rahma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee pada masyarakat Kecamatan Babahrot Abdya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Shopee pada masyarakat Kecamatan Babahrot Abdya dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang konsumen Shopee pada masyarakat Kecamatan Babahrot Abdya dengan menggunakan teknik Roa Purba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon harga dan kualitas produk secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee pada masyarakat Kecamatan Babahrot Abdya. Berdasarkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,784 menunjukkan derajat hubungan (korelasi) antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 0,784 atau 78,4%, artinya keputusan pembelian konsumen Shopee pada masyarakat Kecamatan Babahrot Abdya mempunyai hubungan sedang dengan diskon harga dan kualitas produk. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,661 artinya diskon harga dan kualitas produk dapat dijelaskan oleh variabel keputusan pembelian konsumen Shopee pada masyarakat Kecamatan Babahrot Abdya sebesar 0,661 atau 66,1% dan sisanya sebesar 33,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini misalnya kualitas pelayanan, promosi, citra merek, kepercayaan dan lain-lain

Keywords


Diskon Harga; Kualitas Produk; Keputusan Pembelin Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aprilian, Myta., M. Naely Azhad dan Nursaidah. (2017). Pengaruh Potongan Harga, Kualitas Produk, Lokasi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Dealove Fair Price Boutique (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember 2014). Jurnal Ekonomi Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember. Vol 2, No 1. Hal: 1-12.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Djarwanto. (2017). Statistik Induktif. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Ghozali, Imam. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. (2017). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Ismaya, Sujana. (2016). Kamus Manajemen. Bandung: Pustaka Grafika.

Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.

Machfoedz, M. (2017). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN.

Novirsari, Emma. (2019). Pengaruh Diskon Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Himalaya Drug Company. Jurnal Manajemen STIE TRICOM. Vol. 12, No. 2. Hal: 101-111.

Prabarini, A. Heryanto, B, dan Astuti, P (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kecantikan Wardah Di Toserba Borobudur Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK) Universitas Kadiri. Vol. 1, No. 2. Hal: 259-270.

Prakosa, Y. B dan Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat Di Kota Semarang. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Universitas Stikubank Semarang. Vol 4, No 3. Hal: 361-374.

Schiffman dan Kanuk. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Indeks.

Simamora, Henry. (2017). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Junal Ilmiah Pendidikan Dasar,Vol 7, No 2, September 2015. Yogyakarta: IKIP PGRI.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. dan Burhanudin. (2017). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: CAPS.

Sutisna. (2017). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Swastha, Basu dan Irawan. (2017). Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2018). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Ulviani, Rifa dan Tedi Pitri. (2021). Pengaruh Persepsi, Konsep Diri, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perhiasan Di Toko Emas Pulau Indah. Jurnal Mahasiswa Manajemen STIE PASIM Sukabumi. Vol 2, No.2. Hal: 1-18.

Widiarti, Pratiwi Wahyu. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Vol 47, No 1. Hal: 135-148.




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v2i1.1535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.