ANALISA HARGA SERTA LABELISASI HALAL PADA MINAT BELI PRODUK KOSMETIK ZOYA DI KOTA BANDA ACEH

Tuwisna Tuwisna, Melvi Havizatun, Firanti Dian Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik zoya pada masyarakat banda aceh. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel dan lebih dalam suatu penelitian. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 orang konsumen produk kosmetik zoya pada masyarakat Banda Aceh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik zoya pada masyarakat Banda Aceh. Labelisasi halal secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik zoya pada masyarakat Banda Aceh. Harga dan labelisasi halal secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik zoya pada masyarakat Banda Aceh. Peningkatan keputusan pembelian ditentukan oleh harga dan labelisasi halal. Semakin terjangkaunya harga dan semakin kuatnya labelisasi halal produk yang dimiliki oleh perusahaan maka semakin besar peluang bagi perusahaan dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen kosmetik zoya Banda Aceh.

Keywords


Harga; Labelisasi Halal; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda), eJournal Administrasi Bisnis, 3(1): 244-258.

Agung Slamet Prasetyo (2017). Strategi komunikasi pemasaran bisnis tiket online studi kasus tiket2.com", jurnal kajian bisnis, vol. 25, no.1

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Angga ajid nursahid (2019). strategi pemasaran break coffe semarang, skripsi ilmu ekonomi, universitas Semarang.

Dewi, N. L., Wardani, I. O., & Sarjana, I. D. (2016). Strategi Pemasaran Kopi Pada Perusahaan Banyuatis. Agribisnis dan Agrowisata , 5.

Dewi Untari dan Dewi Endah Fajariana (2018) Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (studi Deskriptif pada Akun @subur_Batik), Jurnal sekretari dan manajemen. Vol.2, No. 2

Gruenwald, G. (1985). Seri Pemasaran dan Promosi, Pengembangan Produk Baru, Jakarta : PT Alex Media Komputindo

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion Di Kota Bandung, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, V (2).

Made resta handika dan Gede sri darma (2018). Strategi pemasaran bisnis Menggunakan Infuencer melalui media social Instagram, Jurnal manajemen dan bisnis. Vol.15, No 2

Maria, A. (2020). Analisa SWOT sebagai dasar penyusunan strategi pembukaan RPL akademi kesehatan john paul II Pekanbaru. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 3(2), 1-14.

Mariam ulfana Luqman (2021). Strategi pemasaran melalui media sosial Instagram, artikel manajemen, surabaya: universitas 17 Agustus 1945.

Mawar puri shaman (2019). Strategi pemasaran jual beli kopi (studi di desa bandang kecamatan sabbang kabupaten luwu utara), skripsi ekonomi syariah, IAIN palopo.

Rusmadi.(2016). Analisis Strategi pemasaran Bisnis Modern, Jurnal Ilmiah Indonesia.Vol. 1, No.4

Saeful mujahidin (2018), Strategi pemasaran bisnis paytren melalui media sosial (studi kasus bisnis paytren di kabupaten demak), skripsi ilmu ekonomi islam, uin Walisongo.

Sanjaya, A. P. (2020). Analisis SWOT Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Penjualan Mesin Diesel. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 5(1), 55.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wayan Budi Mahardhika dan Ni Nyoman Sunariani (2019) Strategi Pemasaran Produk Makanan Catering Melalui Media Sosial Instagram, Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.16, No.1

Yulia Sari (2020) Analisis Strategi pemasaran kopi Aceh (Studi Kasus Merek dhapu kupi), Skripsi ilmu ekonomi, uin ar-Raniry Banda Aceh 2020




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v2i1.1533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.