ANALISA PENGARUH PERAN INFLUENCER MELALUI INSTAGRAM PADA APAJAK COFFEE BANDA ACEH SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BISNIS COFFEE

Devi Kumala, Tuwisna Tuwisna, Adrian Mirza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran bisnis coffee menggunakan influencer melalui media sosial Instagram pada APAJAK COFFEE. Subjek penelitian adalah data-data yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran meliputi strategi pengembangan produk, penetapan harga, distribusi dan promosi menggunakan influencer melalui media sosial Instagram. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembaran pertanyaan (kuesioner) terbuka. Data dari lapangan selanjutnya dianalisis dengan menggunakn analisis deskriptif kualitatif dengan teknik SWOT. Hasil penelitian menjelaskan diversifikasi varian poduk dalam berbagai kebutuhan telah menjadi sebuah kekuatan pada Outlet mini Apajak Coffee. Kekuatan pemasaran produk pada usaha ini juga didukung oleh harga produk yang kompetitif dan bersaing dengan minuman cepat saji lainnya. Desain kemasan produk yang masih sederhana serta kurang kreatifnya konten promosi tentang kualitas produk masih menjadi sisi lemah bagi Outlet mini Apajak Coffee dalam meningkatkan kegiatan pemasaran. Outlet mini Apajak Coffee di Kota Banda Aceh akan dapat meraih peluang dengan bertambahnya jumlah konsumen muda dari kalangan millenial yang menjadi segmentasi pasar mereka. Kehadiran usaha dan produk sejenis dengan merek yang lebih kuat di sekitar lokasi usaha akan menjadi ancaman dalam meningkatkan pangsa pasar produk. Promosi melalui Instagram dengan teknik influencer dengan menggunakan Instagram Ashabul Kahfi dengan jumlah pengikutnya sebanyak 2.8 k follower, belum cukup efektif sebagai digital marketing di banding strategi produk dan harga, karena perannya yang masih rendah dalam mempengaruhi pasar sasaran

Keywords


produk; harga; tempat/lokasi; promosi; teknik influencer; instagram

Full Text:

PDF

References


Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda), eJournal Administrasi Bisnis, 3(1): 244-258.

Agung Slamet Prasetyo (2017). Strategi komunikasi pemasaran bisnis tiket online studi kasus tiket2.com", jurnal kajian bisnis, vol. 25, no.1

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Angga ajid nursahid (2019). strategi pemasaran break coffe semarang, skripsi ilmu ekonomi, universitas Semarang.

Dewi, N. L., Wardani, I. O., & Sarjana, I. D. (2016). Strategi Pemasaran Kopi Pada Perusahaan Banyuatis. Agribisnis dan Agrowisata , 5.

Dewi Untari dan Dewi Endah Fajariana (2018) Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (studi Deskriptif pada Akun @subur_Batik), Jurnal sekretari dan manajemen. Vol.2, No. 2

Gruenwald, G. (1985). Seri Pemasaran dan Promosi, Pengembangan Produk Baru, Jakarta : PT Alex Media Komputindo

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion Di Kota Bandung, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, V (2).

Made resta handika dan Gede sri darma (2018). Strategi pemasaran bisnis Menggunakan Infuencer melalui media social Instagram, Jurnal manajemen dan bisnis. Vol.15, No 2

Maria, A. (2020). Analisa SWOT sebagai dasar penyusunan strategi pembukaan RPL akademi kesehatan john paul II Pekanbaru. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 3(2), 1-14.

Mariam ulfana Luqman (2021). Strategi pemasaran melalui media sosial Instagram, artikel manajemen, surabaya: universitas 17 Agustus 1945.

Mawar puri shaman (2019). Strategi pemasaran jual beli kopi (studi di desa bandang kecamatan sabbang kabupaten luwu utara), skripsi ekonomi syariah, IAIN palopo.

Rusmadi.(2016). Analisis Strategi pemasaran Bisnis Modern, Jurnal Ilmiah Indonesia.Vol. 1, No.4

Saeful mujahidin (2018), Strategi pemasaran bisnis paytren melalui media sosial (studi kasus bisnis paytren di kabupaten demak), skripsi ilmu ekonomi islam, uin Walisongo.

Sanjaya, A. P. (2020). Analisis SWOT Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Penjualan Mesin Diesel. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 5(1), 55.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wayan Budi Mahardhika dan Ni Nyoman Sunariani (2019) Strategi Pemasaran Produk Makanan Catering Melalui Media Sosial Instagram, Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.16, No.1

Yulia Sari (2020) Analisis Strategi pemasaran kopi Aceh (Studi Kasus Merek dhapu kupi), Skripsi ilmu ekonomi, uin ar-Raniry Banda Aceh 2020




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v2i1.1532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.