PENGARUH LOKASI DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT. LAMBARONA SAKTI ACEH BESAR

Gunawan Gunawan, Teuku Zulfan, Siti Aminah

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh lokasi dan citra merek terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda pada PT. Lambarona Sakti Aceh Besar. Rancangan penelitian ini adalah survey. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat memberikan penjelasan tentang hubungan antar variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel penelitian yang ditetapkan sebanyak 84 responden. Variabel-variabel lokasi, citra merek dan loyalitas konsumen diukur dengan menggunakan skala Likert, dan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke responden. Analisis data menggunakan analisis statistik model korelasi dan regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Untuk menguji setiap item pada setiap variabel telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara lokasi dan citra merek terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda pada PT. Lambarona Sakti Aceh Besar sebesar 0.667 atau 66,7% dan 0.444 atau 44,4% nya dipengaruhi oleh variabel lain. Setelah dilakukan uji F diperoleh angka Fhitung (32.378) > Ftabel (3.111) dan uji signifikansi bahwa p value sebesar 0.000 < p yang ditetapkan sebesar 0.05 yang berarti signifikan. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sebesar 0.440 atau 44,0%. Citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sebesar 0.329 atau 32,9%. Setelah dilakukan uji t menunjukkan bahwa: lokasi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen sebesar thitung 3.522 > ttabel 1.990 dan p value 0.000 < dari 0.05 berarti signifikan. Citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai sebesar thitung 2.144 > ttabel 1.990 dan p value 0.006 < dari 0.05 berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan lokasi dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda pada PT. Lambarona Sakti Aceh Besar.

Keywords


Lokasi; Citra Merek; Loyalitas Konsumen

Full Text:

Gunawan GUNAWAN

References


Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Amilia, Suri dan M. Oloan Asmara Nst. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manjemen dan Keuangan. Vol. 6 No. 1.

Erika, Nicka. (2020). Pengaruh Personal Knowledge, Job Procedure dan Teknologi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Lambarona Sakti Lambaro Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Aceh.

Fitria, Ista. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Lokasi dan Brand Image Loyalitas Konsumen Pengguna Jasa Kiriman Barang Pada JNE Express Cabang Padang. Jurnal. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Gadan, Matias. (2016). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Body Mist The Body Shop di Ambarukmo Plaza). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25. Semarang: BP Universitas Dipenogoro.

Hadianto, Tino. (2012). Pengaruh Lokasi, Pelayanan, dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Hypermart Jl. Pahlawan Madiun). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Hermanto, Roky Apriansyah, Khusnul Fikri dan Albetris. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Jurnal Enomi dan Binis. Vol. 3 No. 2.

Hermawan, Budi. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Vol. 4. No. 2.

Hidayatullah, Syarif. (2013). Hubungan Citra Merek Dengan Loyalitas Pelanggan IM3 Di Kalangan Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hurriyati, Ratih. (2011). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v1i2.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.