PERSEPSI TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MORAL PADA REMAJA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PANTI ASUHAN NIRMALA BANDA ACEH

Juli Andriyani, Sri Wahyuna

Abstract


Moral merupakan keyakinan setiap individu mengenai yang baik dan yang buruk dalam bertingkah laku dalam lingkungan sosialnya. Individu yang memiliki nilai moralitas yang baik maka indovodu tersebut dapat mengendalikan dari kerusakan moral dan sebaliknya individu yang memiliki pengematan nilai moralitas yang tidak baik maka dapat dengan cepat terpengaruh dengan kerusakan moral. Begitu juga halnya dengan remaja yang tinggal di Panti Asuhan, semakin baik persepsi dan didikan dalam lingkungan sekolahnya maka akan semakin baik pula nilai moralnya. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap lingkungan sekolah dengan moral pada remaja di UPTD PAnti Asuhan Nirmala Banda Aceh.

Populasi dalam penelitian ini adalah remaja di UPTD PAnti Asuhan Nirmala Banda Aceh yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam peneltian ini adalah keseluruhan dari populasi, yang berjumlah 60 orang dengan teknik probability sampling. Dalam penelitian ini analisis data yan digunakan adalah metode analisis korelasi, serta pengambilan data menggunakan skala persepsi terhadap lingkungan sekolah dan moral. Persepsi terhadap lingkungan sekolah merupakan salah satu variable yang memberikan sumbangan relative terhadap moral yaitu sebesar 66,7% sedangkan 33,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Hal ini menjelaskan bahwa semakin baik persepsi terhadap lingkungan sekolah yang diterima oleh remaja maka semakin baik pula moral remaja tersebut. Begitu juga sebaliknya semakin tidak baik persepsi terhadap lingkungan sekolah yang diterima oleh individu maka semakin tidak baik pula moral remaja tersebut.

 

Kata kunci: persepsi, lingkungan sekolah, moral remaja.


References


Azwar, S. 2010. Reabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bertens, J. 2007. Etika. Jakarta: Gramedia

Dahlan, D. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: CV Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.