GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA BERPRESTASI BELAJAR RENDAH DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH

Juli Andriyani, Efrar Khalid Hanas

Abstract


Bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dituntut untuk menyelesaikan studinya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Agar dapat lulus dari pendidikan tinggi mahasiswa harus menghadapi berbagai tantangan, kendala dan hambatan. Salah satu permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan studi adalah memotivasi diri untuk giat belajar. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa menjadi rendah dan dampak yang ditimbulkan pada mahasiswa yang memiliki motivasi be;ajar rendah.

Responden pada penelitian ini terdiri dari tiga orang mahasiswa angkatan tahun 2008 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh yang motivasi belajarnya rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan instrument wawancara dan observasi.

Berdasarkan hasil paparan data dan pembahasan, maka ditarik kesimpulan bahwa gambaran motivasi belajar mahasiswa yang berprestasi belajar rendah di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh meliputi aktivitas mahasiswa diluar yang begitu sibuk, tidak focus dengan pendidikan, dan tidak mendisiplinkan diri. Dari hasil penelitian ditemukan faktor penyebab seseorang tidak memiliki motivasi belajar meliputi faktor ekonomi, factor kesehatan, dan faktor dari dalam diri, seperti tidak percaya diri. Sedangkan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah menjadi kesulitan dalam mengejar mata kuliah yang tertinggal, perasaan malu yang besar, pola hidup menjadi tidak teratur, dan hilangnya semangat untuk melanjutkan kuliah.

 

Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar.

 


References


Alsa, A. 2003. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitiatif serta kombinasinya dalam Peneltian Psikolgi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Uno, H. 2009, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analissi di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chaplin, J.P. 2006. Kamus Lenkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo, Persada.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron, M. dan Risnawita R. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: ar Ruzz Media.

Marhami, Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stress Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro Vol.3 No. 2, Desember 2006.

Minauli, 2002. Metode Observasi. (Cet. I). Medan : USU Press.

Moleong, J.I. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pujadi, A. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Business & Management Journal Bunda Mulia Vol 3, No. 2, September 2007.

Rahmad, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, J W. 2011, Psikologi Pendidikan, Terjemahan oleh: Tri Wibowo B.S., Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada.

Sardiman, 2009, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sukmadinata, S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2009. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, M. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Talisma, Y. Hubungan Orientasi Belajar dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Psikologi Gunadarma, Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, 2002.

Undang-undang Sisdiknas Nomor 20, Tahun 2003, Pasal 58 (1), http://bahasa-mahasiswa.blogspot.com/2011/01/undang-undang-sisdiknas-sistem.html

Wahab, A. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung: CV Alfabeta.

Winkel, W.S. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yanti, Arikunto & Suharsimi. 2007, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.