ANALISIS IMPLEMENTASI BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN (BOK) DENGAN CAKUPAN PENANGANAN KOMPLIKASI KEBIDANAN DI PUSKESMAS KOTA BEKASI TAHUN 2019

Farida Naftalin, Dumilah Ayuningtyas, Mardiati Nadjib

Abstract


Latar Belakang: Dalam proses pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Kementerian Kesehatan memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan). Dimana anggaran yang digunakan untuk membiayai pelayanan kesehatan masyarakat. Akan tetapi tersedianya dana BOK tersebut dirasakan belum efektif, sehingga belum menekan angka kematian ibu dan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dengan cakupan penanganan komplikasi kebidanan di Puskesmas Kota Bekasi tahun 2019. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan telaah dokumen kepada informan yang terlibat pengelolaan dana BOK tahun 2019. Sampel yang terlibat dalam pelaksanaan program bantuan operasional kesehatan di Puskesmas Kota Bekasi terdiri dari sembilan responden. Hasil: penelitian mengungkapkan bahwa perencanaan anggaran sudah sesuai dengan juknis, kebijakan sumber daya manusia belum memadai, jumlah dana sudah mencukupi dan proses akuntabilitasnya memerlukan pengawasan dan penyederhanaan pelaporan. Pada tingkat capaian program penanganan komplikasi kebidanan, cakupan layanan ada yang telah meningkat, tetapi ada beberapa layanan yang tidak memenuhi target Standar Pelayanan Minimal (SPM). Saran: Diharapkan kepada Dinas Kesehatan Kota Bekasi dapat meningkatkan capaian SPM bidang kesehatan di Kota Bekasi dengan mengoptimalkan dana bantuan operasional kesehatan menuju masyarakat kota bekasi yang lebih sehat.


Full Text:

PDF

References


Ali, P. B., Siahaan, R. G. M., Solikha, D. A., Wikanestri, I., Penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskemas, Jakarta: BAPPENAS; 2018.

Ayuningtyas, D., Kebijakan Kesehatan Prinsip dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers; 2014.

Basrowi, S., Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta; 2008.

Kementerian Kesehatan RI, Permenkes RI Nomor 97 Tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, dan Masa Sesudah Melahirkan, Penyelenggaraan Pelayanan Kontrasepsi, Serta Pelayanan Kesehatan Seksual, Republik Indonesia; 2014.

Kementerian Kesehatan RI, Permenkes RI Nomor 61 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2018, Republik Indonesia: Kemenkes RI; 2017.

Kementerian Kesehatan RI, Permenkes RI Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bidang Kesehatan, Republik Indonesia: Kemenkes RI; 2019.

Kurniati, D. N., Ridwan, Kasim, M. Y., Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Kesehatan di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, e J Katalogis; 2018, Vol. 6, p.p. 139-150.

Laeliyah, S. N., Nadjib, M., Hubungan Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dengan Peningkatan Cakupan Kunjungan Antenatal K4 di Puskesmas Kota Serang Tahun 2014-2016, J Kebijak Kesehat Indones; 2017, Vol. 6, No. 3, p.p. 115.

Martha, E., Kresno, S., Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan, Depok: Rajawali Pers; 2016.

Mulyana, D., Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya; 2001.

Nugroho, R., Public Policy, 6th ed., Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2017.

Poerwandari, E. K., Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Anusia, Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia; 2007.

Waryana, Gizi Reproduksi, Yogyakarta: Pustaka Rihana; 2010.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v6i2.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.