PENGGUNAAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA IBU HAMIL PENERIMA DANA PKH (PROGRAM KELUARGA HARAPAN) DI KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2019

Pasyamei Rembune Kala, Melania Hidayat, Vera Nazhira Arifin

Abstract


Latar Belakang: Kematian ibu merupakan tantangan besar bagi beberapa Negara dengan risiko yang terkait dengan masa kehamilan, beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya adanya kesenjangan di masyarakat, lemahnya sistem kesehatan dalam perencanaan dan biaya, serta rendahnya program kesehatan yang diperuntukkan bagi orang miskin. Dalam rangka mengurangi angka kemiskinan dan perlindungan sosial bagi keluarga Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), pemerintah membuat suatu kebijakan baru yaitu pemberian bantuan tunai bersyarat disebut dengan Program Keluarga Harapan (PKH), dengan adanya program tersebut diharapkan RTSM memiliki akses yang lebih baik untuk memanfaatkan pelayanan sosial dasar salah satunya pelayanan kesehatan, termasuk menghilangkan kesenjangan dan ketidakberdayaan sosial yang selama ini melekat pada diri warga miskin. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam gambaran mengenai penggunaan pelayanan kesehatan sebelum dan sesudah menjadi anggota PKH. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan fenomenologi menggunakan tehnik in-depth interview yang dilakukan di Kecamatan Pegasing pada bulan Juni-Juli 2019 dengan 6 orang KPM ibu hamil. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa informan datang kepelayanan kesehatan antenatal bukan karena sebagai syarat menjadi anggota PKH dan dana yang didapat digunakan untuk pemeriksaan USG ke dokter spesialis kandungan. Saran: Kepada pihak Pemerintah terkait untuk membuat pengadaan alat USG disetiap Puskesmas serta bagi Dinas Kesehatan untuk mengadakan kerjasama dengan klinik-klinik swasta dalam pemberian jaminan kesehatan gratis bagi keluarga miskin.


Full Text:

PDF

References


Afianti, A. P., Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Perempuan Promosi, Permasalahan dan Penanganannya dalam Pelayanan Kesehatan dan Keperawatan, Jakarta: Rajawali Pers; 2016.

Amalia, M., Kekerasan Perempuan dalam Perspektif Hukum dan Sosiokultural, Jurnal Wawasan Yuridika; 2014, Vol. 25, No. 2, Hal. 399-411.

Fekih-Romdhane, F., Ridha, R., Cheour, M., [Sexual Violence Against Women in Tunisia], Encephale; 2018.

Fisher, H., Why We Love: the Nature and Chemistry of Romantic Love, Macmillan; 2004.

Kim, C., Religion, Religious Heterogeneity, and Intimate Partner Violence Among Korean Immigrant Women, J Interpers Violence; 2018.

Notoatmodjo, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Ogum, Alangea, D., Addo-Lartey A. A., Prevalence and Risk Factors of Intimate Partner Violence Among Women in Four Districts of the Central Region of Ghana: Baseline Findings from a Cluster Randomised Controlled Trial; 2018, Vol. 13, No. 7.

Santrock, Perkembangan Anak, Jakarta; 2007.

Sen, S., Bolsoy, N., Violence Against Women: Prevalence and Risk Factors in Turkish Sample, BMC Womens Health; 2017, Vol. 17, No. 1.

Sutrisminah, E., Dampak Kekerasan pada Istri dalam Rumah Tangga Terhadap Kesehatan Reproduksi, Majalah Ilmiah Sultan Agung; 2018, Vol. 50, No. 127, p.p. 23-34.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v6i2.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.