FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN WANITA USIA 40-50 TAHUN DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA

Srie Wahyuni, Yusrizal Yusrizal, Wardiati Wardiati

Abstract


Latar Belakang: Wanita yang memasuki masa menopause akan mengalami perubahan psikis danĀ  fisik. seperti kemunduran kesehatan, peningkatan berat badan, rambut rontok dan pandangan mulai kabur, perubahan fisik tersebut dapat mempengaruhi kondisi psikologis wanita menopause seperti adanya rasa cemas, takut hidup dan lain sebagainya. Karena itulah dibutuhkan kesiapan meliputi fisik, psikis dan spiritual dalam menghadapi masa menopause. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 224 wanita usia 40-50 tahun, pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan wanita usia 40-50 tahun dalam menghadapi menopause meliputi umur, tingkat pendidikan, status perkawinan, dukungan keluarga, sikap, dan tingkat pengetahuan. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi logistik. Hasil: Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa responden yang tidak siap menghadapi menopause sebanyak 58%, variabel yang menunjukkan signifikan berhubungan adalah umur (p=0.002), tingkat pendidikan (p=0.005), status perkawinan (p=0.027), status pekerjaan (p=0.001), dukungan keluarga (p=0.011), sikap (p=0.000) dan tingkat pengetahuan (p=0.004). Kesimpulan: Ada hubungan yang siginifikan antara umur, tingkat pendidikan, status perkawinan, status pekerjaan, dukungan keluarga, sikap, dan tingkat pengetahuan terhadap kesiapan wanita dalam menghadapi menopause. Petugas kesehatan diharapkan dapat meningkatkan program penyuluhan dan pemeriksaan dini kesehatan reproduksi wanita menjelang menopause untuk menambah pemahaman dan mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi selama menopause.


Full Text:

PDF

References


Azwar, Sikap Manusia, Yogyakarta: Pustaka Belajar; 2013.

Friedman, M., Keperawatan Keluarga, Jakarta: EGC; 1998.

Hawari, D., Manajemen Stres, Cemas dan Depresi, Jakarta: FKUI; 2009.

Lombogia, Hubungan Perubahan Fisik dengan Kecemasan Wanita Usia 40-50 Tahun dalam Menghadapi Menopause di Kelurahan Papusungan Kecamatan

Lembeh Selatan Juiperdo, 2014.

Manuaba, Ilmu Kebidanan kandungan dan KB, Jakarta: EGC; 2010.

Nirmala, N., Hidup Sehat dengan Menopause, Jakarta: Erlangga; 2003.

Notoatmodjo, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta; 2002.

Pakasi, Menopause. Masalah dan Penanggulangannya, Jakarta: FKUI; 2000.

Rahman, Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Menopause dengan Kesiapan Menghadapi Menopause di Desa Molosipat Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuewato, Universitas Negeri Gorontalo, 2014.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian, Bandung: Alfabeta; 2005.

Sabatini, T., Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kesiapan Wanita dalam Menghadapi Menopause di Kelurahan Patang Puluhan Kecamatan Wirobrajan Kota Yokakarta, 2016.

Sholichah, N., Anjarwati, R., Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Tingkat Kecemasan Wanita Usia 40-50 Tahun dalam Menghadapi Menopause di Desa Gintungan. Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta; 2013.

Yuliarti, Perbedaan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Menopause Antara Wanita Bekerja, Surabaya: Universitas Erlangga; 2008.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v6i1.795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.