PENENTUAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA IKAN KAYU YANG DIJUAL DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH

Elfariyanti Elfariyanti, Nina Ismayanti

Abstract


Latar Belakang: Ikan kayu merupakan salah satu jenis produk olahan ikan yang telah mengalami rangkaian proses seperti perebusan dan pengasapan bertingkat hingga teksturnya menjadi sekeras kayu dan berwarna coklat tua kehitaman. Ikan kayu merupakan bahan pangan yang sangat mudah rusak akibat cemaran mikroba yang disebabkan salah satunya karena kondisi lingkungan yang memungkinkan pertumbuhan mikroba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Angka Lempeng Total (ALT) pada ikan kayu yang dijual di pasar Peunayong kota Banda Aceh apakah sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh SNI 2691-3:2017 yaitu sebesar 1.0 x 106 kol/g. Metode: Analisis yang digunakan dalam penelitian ini secara kuantitatif menggunakan prinsip Angka lempeng Total (ALT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ikan kayu yang dijual di pasar Peunayong kota Banda Aceh, sedangkan sampel yang digunakan adalah ikan kayu dengan variasi waktu produksi yaitu 1 minggu, 2 minggu dan 1 bulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa sampel dengan waktu produksi 1 minggu nilai ALT nya sebesar 8.06 x 103 kol/g, waktu produksi 2 minggu sebesar 5.04 x 104 kol/g dan waktu produksi 1 bulan sebesar 2.80 x 106 kol/g. Dapat disimpulkan bahwa sampel dengan waktu produksi 1 minggu dan 2 minggu memenuhi syarat yang ditetapkan SNI, sedangkan sampel dengan waktu produksi 1 bulan tidak memenuhi syarat SNI.

Full Text:

PDF

References


Etika, N.M., 2017., 5 Jenis Bakteri yang Paling Sering Menyebabkan Keracunan Makanan ( https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bakteri-penyebab-keracunan-makanan/amp/) Diakses 10 Februari 2019.

Muklis., Pemetaan Daerah Penangkapan Ikan Cakalang (katsuwonus pelamis) dan Tongkol (euthynnus affinis) di Perairan Utara Nanggroe Aceh Darussalam. Thesis Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor, 2008.

Nabila, L., Tamrin dan Isamu T. K.,. Karakteristik, Kimia dan Mikroba Ikan Kayu Cakalang (katsuwonus pelamis) dan Ikan Tongkol (euthynnus affinis) yang Diproduksi di Kota Kendari. Jurnal Sains dan Teknologi Pangan, Vol 2(3): 530-541, 2017

Sulaiman, I., Perbandingan Metode pengeringan dan Jenis Ikan pada Pengujian Organoleptik Ikan Kayu Khas Aceh (Keumamah). Jurnal Agroindustri, Vol 4(1): 40-47, 2014.

Sulistiani, N., Tamrin dan Isamu T. K., Identifikasi Kapang Ikan Kayu Jenis Cakalang (katsuwonus pelamis) dan Ikan Tongkol (euthynnus affinis) yang Diproduksi di Kota Kendari. Jurnal Sains dan Teknologi Pangan, Vol 2(2): 425-434, 2017.

Standar Nasional Indonesia (SNI-2691)., Ikan Kayu. Jakarta: Badan Standar Nasional, 2017.

Syamsunisak, Rahmah, A. dan Musman, M., Penentuan Daerah Penangkapan Ikan Tongkol (euthynnus affinis) Berdasarkan Sebaran Suhu Permukaan Laut di Perairan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah, Vol 1(3): 419-424, 2016.

Susanti, D., Darmanto, Y. S. dan Agustini, T. W., Kualitas Pengolahan Ikan Kayu Di Kabupaten Sikka. Prosiding Seminar Nasional Kelautan, Universitas Trunojoyo Madura, 2016.

Zulfikar., Keumamah, si Ikan Kayu Warisan Para Pejuang Aceh. (https://merahputih.com./post/read/keumamah-si-ikan-kayu-warisan-para- pejuang-aceh) Diakses pada Tanggal 10 Februari 2019.

Amir, N., Mutusalach dan Fahrul.,. Mutu dan Keamanan Pangan Produk Ikan Asap di KabupatenBulukumba Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Agribisnis Perikanan, Vol 11(2) :15-21, 2018




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v5i1.704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.