PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP LABA AKUNTANSI PADA PT SAMPOERNA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015

Cut Fitrika Syawalina

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PT Sampoerna yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh utang jangka panjang, utang jangka pendek dan total hutang terhadap laba akuntansi secara individu (parsial) maupun bersama-sama pada PT Sampoerna yang terdaftara di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015.
            Penelitian ini menggunakan metode sensus, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan triwulan yang kemudian diolah dengan menggunkan program komputer SPSS versi 23. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda.
            Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa utang jangka panjang, utang jangka pendek dan total hutang, baik secara individu (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap laba akuntansi. Koefisisen determinasi (R2) sebesar 0,352 dapat diartikan bahwa 35,2% laba akuntansi dipengaruhi oleh utang jangka panjang, utang jangka pendek dan total hutang. Sedangkan 64,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


laba akuntansi, utang jangka panjang (long term debt), utang jangka pendek, (short term debt) dan total hutang (debt ratio)

Full Text:

PDF PDF

References


Belkaoui, Ahmed Riahi (2010b). “ Teori Akuntansi”, Jakarta. Selemba Empat.

Brigham, Eugene F, dan Joel F.Houston (2011). “Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”. Buku 2 Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Giri, Efraim Ferdinan (2012). “Akuntansi Keuangan Menengah 1 Persfektif IFRS”

Yogyakarta: UPP AMP YKNP.

Harahap, Sofyan Syafri (2008). “ Teori akuntansi”. Edisi Ke-10. Jakarta, Rajawali Pers.

Husnan, Suad (2002). “ Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”. Edisi Ketiga, Yogyakarta: AMP YKPN.

Limiati, Yeni (2007), “Pengaruh Struktur Modal Terhadap Laba Per Lembar Saham Pada Kelompok Industri Farmasi”. Skripsi, Universitas Widyatama.

Kasmir, (2012) “Analisis Laporan Keuangan”. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Munawir (2007). “Analisis Laporan Keuangan” .Edisi Ke-4. Cetakan Ketiga Belas.Yogyakarta. Liberty.

Rahardjo (2007). “Pengaruh Likuiditas Hutang Jangka Panjang Terhadap Kemampuan Laba ( Studi kasus Pada PT Matahari Putra Prima Tbk Dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk)”. Jurnal Ilmiah Kesatuan, Vol.11,No.1.

Riyanto, Bambang (2011). “ Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan”. Edisi Ke-4. BPFE. Yogayakarta.

Rosyadah,Faizatur (2013). “Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Real Estate and Property Yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2011)”. Jurnal Administrasi, Vol.2, No.3.

Rochaety (2007). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hutang Jangka Pendek, Hutang Jangka Panjang Dan Total Hutang”. Skripsi, Universitas Diponogoro, Semarang..

Sekaran, Uma (2006). “Metodologi Penelitian Untuk Bisnis”. Jakarta. Salemba Empat.

Sudana (2011). “ Manajemen Keuangan Perusahaan”. Erlangga, Surabaya.

Syamsuddin, Lukman (2006) “Manajemen Keuangan Perusahaan”.Jakarta. Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v8i1.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :