Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keengganan Pengusaha Kecil Dalam Menyusun Laporan Keuangan (Studi Pada Pengusaha Kecil Di Pidie)

Surna Lastri dan Dedy Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi keengganan pengusaha kecil dalam menyusun laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah dalam bentuk perorangan yang melaksanakan kegiatan usaha di Pidie dan terdaftar di Dinas Perindustrian dan UKM Pidie dan para nasabah yang mengambil pembiayaan di Bank Syariah Mandiri pada tahun 2012 dan 2013.
Pengumpulan data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan (field research). Data yang dipakai adalah data primer, yang diperoleh secara langsung dari segi subjek penelitian dalam bentuk kuisioner kepada 77 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima bahwa keengganan pengusaha kecil dalam menyusun laporan keuangan sangat dipengaruhi oleh variabel kurangnya pengetahuan akuntansi, proses akuntansi tidak terlalu penting untuk diterapkan, tidak menyediakan semua informasi yang dibutuhkan dan tidak adanya staf bagian pembukuan sama-sama mempunyai pengaruh terhadap keengganan pengusaha kecil dalam menusun laporan keuangan yaitu dengan diperolehnilai Fhitung sebesar 20.827, dan Ftabel pada tingkat singnifikansi = 5% adalah sebesar 2.553 dengan tingkat singnifikansi 0.000. Hal tersebut menyatakan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel tersebut berpengaruh terhadap keengganan pengusaha kecil dalam menyusun laporan keuangan.
Sedangkan secara persial variabel yang diteliti variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keengganan pengusaha kecil dalam menyusun laporan keuangan adalah variabel, kurangnya pengetahuan akuntansi dan, proses akuntansi tidak terlalu penting untuk diterapkan, sedangkan variabel tidak menyediakan semua informasi yang dibutuhkan, dan tidak adanya staf bagian pembukuan tidak berpengaruh secara persial terhadap keenganan pengusaha kecil dalam menyusun laporan keuangan.

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2004, www:http//bps.co.id

Badan Pusat Statistik (BPS) 2013. Pidie Dalam Angka. BPS. Aceh

Bangs. 2005. Pedoman Langkah Awal Menjalankan Usaha(The Start Up Guide), Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta

Estes, 2006. Kamus Akuntansi, Edisi Ketiga. Erlangga, Jakarta

Ghozali, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Badan Penerbit Universitas Deponogoro.

Gary Growth – Marnat. 2009. Handbook of Psychilogical Assessement. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Husien. 2005. Peran Usaha Kecil di Indonesia. Pustaka Indonesia. Bandung

Hartanto, Indra Dwi. (2010). Analisa Kesenjangan Tata Kelola TI untuk Proses Pengelolaan Data Menggunakan COBIT (Studi Kasus Badan Pemeriksa Keuangan RI). Laporan Tesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Ikatan Akutansi Indonesia, 2004. Standar Akuntansi Keuangan, Persatu April 2004. Salemba Empat, Jakarta.

Idrus. 2006. Perberdayaan Usaha Kecil. Edisi Kedua Jilid Pertama, Sumber Post. Jakarta

Ismail. 2010. Akuntansi dan Pengusaha Kecil. Edisi Kedua Jilid Pertama, Erlangga, Jakarta

Kuncoro. 2006. Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan, UGM, Yokyakarta

Muhammad, 2007. Dalam Badan Pusat Statistik Pidie dalam Anggka, BPS. Aceh

Raida, 2003. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keengganan Pengusaha Kecil dalam penyusunan Laporan Keuangan (Studi Pada Pengusaha Kecil di Kota Banda Aceh), KTI dosen Universitas syiah Kuala. Banda Aceh

Setiawan. 2006. Akuntansi Lanjutan. Edisi Kedua Jilid Satu. Binarupa Aksara, Jakarta

Shim. 2005. Prinsip-prinsip Akuntansi, Edisi 22 Jilid Satu. Erlangga, Jakarta

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

SK Mentri Keuangan Tantang Pedoman Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi melalui pemanfaatan dana dari Bagiaan Laba BUMN No. 316/KMK.016/1994, Juni 1994

SK Mentri Perindustriaan dan Perdagangan RI No. 591/Kep/10/1999

Suherman. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Gudang Buku, Bandung

PSAK.(2009). Revisi 2009. Ikatan Akuntan Indonesia :Menteng, Jurnal PSAK

Peraturan-perundangan / undang undang / UU 20 Tahun 2008 UMKM. pdf. http://www.danabergulir.com/peraturan-perundangan/undang-undang/ UU20 Tahun 2008 UMKM.pdf. Diakses pada tanggal 15 February 2014 pada pukul 15.19 wib.http://www.danabergulir.com

Wibowo. 2006. Intermediate Accouting, Edisi Keempat Jilid Satu. Bina Aksara: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v5i1.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :