Analisis Prosedur Pemberian Kredit Program Kemitraan (Studi Kasus Pada Pt. Jasa Raharja Persero Cabang Aceh)

Zulkifli Umar dan Erni Julianti

Abstract


Program Kemitraan merupakan suatu upaya Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan taraf hidup masyarakat. Melalui program kemitraan diharapkan dapat membantu pengusaha kecil sehingga kekurangan dan keterbatasan mereka dapat teratasi. Salah satu lembaga yang melaksanakan program kemitraan di Aceh adalah PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Aceh.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pemberian kredit program kemitraan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Aceh serta upaya perusahaan untuk mengurangi kredit bermasalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif-Kualitatif, yaitu metode penelitian dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari lapangan kemudian diolah dan dianalisa dengan menggunakan landasan teoritis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pemberian kredit yang diterapkan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Aceh secara umum sudah baik, namun diperlukan adanya sosialisasi mengenai program kemitraan agar dana bisa disalurkan secara merata. Dan juga petugas diharapkan lebih memahami karakter calon mitra binaan untuk menghindari calon mitra binaan yang tidak beritikad baik sehingga dapat meminimalkan terjadinya kredit bermasalah.

References


Al Haq, Shadaq Husin. 2012. Analisis Prosedur Pemberian Kredit pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kecamatan Simeulu Timur Kabupaten Simeulu. Skripsi. Fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh.

Bahannoer, Noni 2009. Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Perkembangan Usaha Kecil DanMenengah Pada Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan (PKBL) PT.Pertamina (Persero) Unit Pemasaran I Medan. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, Medan (Tidak Dipublikasi).

Fajri, Nurul. 2011. Analisis Prosedur Pemberian Kredit kepada Nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Mustaqim Sukamakmur Cabang Meuraxa Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh.

Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Dasar-Dasar Perbankan. Bumi Aksara. Jakarta.

Ismail. 2011. Manajemen Perbankan dari Teori Munuju Aplikasi. Prenada Media Group. Jakarta.

Kasmir. 2007. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya – Dasar-dasar Perbankan.Rajawali Press. Jakarta.

Komaruddin, Sastradipoera. 2008. Analisa Laporan Keuangan. PT. Gramedia. Jakarta.

Mulkan. 2013.Pengaruh Pemberian Pinjaman Dana Program Kemitraan, Ukuran Usaha, Dan Umur Usaha Terhadap Perkembangan Kinerja Keuangan Usaha Kecil Di Kota Banda Aceh Dan Kabupaten Aceh Besar (Studi Pada Pt. Jasa Raharja Persero Cabang Aceh). Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala, Aceh.

Mulyono, Teguh Pudjo. 2007. Manajemen Perkreditan Bagi Bank Komersial. Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Peraturan Menteri Negara BUMN No. PER-05/MBU/2007 tentang Program KemitraanBUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.http://jdih.bpk.go.id/wp-content/uploads/2012/02/PER-05-MBU-2007. pdf.

Sanopa, Yuniarti. 2011. Pengaruh Faktor-Faktor Keuangan Internal Bank terhadap Volume Penyaluran Kredit pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala, Aceh.

Sinungan, Muchdarsyah. 2010. Strategi Manajemen Bank. Rineka Cipta. Yogyakarta.

. 2011. Standar Prosedur Operasional. PT. Jasa Raharja (Persero). Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v5i1.396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :