ANALISIS MANANEJEMEN KREDIT PADA PT BPRS BAITURRAHMAN DI ACEH BESAR

Syamsidar -

Abstract


Bank merupakan sebagai perantara antara masyarakat kelebihan dana dengan masyarakat kekurangan dana, maka usaha pokok yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor pengkreditan, atau penyaluran dana. Namun dalam usaha penyaluran dana tidak terlepas dengan resiko  kegagalan atau kemacetan dalam pelunasannya, yang mana nasabah tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya.

Begitu pula pada PT. BPRS Baiturrahman tidak terlepas dengan kredit macet, untuk menghindari hal tersebut maka diperlukan manajemen kredit yang efektif sehingga bank mampu untuk menurunkan kredit macet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kredit yang diterapkan pada PT. BPRS Baiturrahman di Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpukan merupakan data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi.

            Dari hasil analisis ini diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT. BPRS Baiturrahman sudah mampu dan efektif untuk mengolah kredit dengan menggunakan anaisis 5C, dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Untuk mengurangi agar tidak terjadinya kredit macet maka pihak PT. BPRS Baiturrahman melakukan pengawasan secara aktif dan fasif. Jika dilihat dari kolektibilitas tahun 2009-2011 kredit macet pada tahun 2009 sebesar 8% dan mengalami penurunan pada tahun 2010 sebesar 7% ketika tahun 2011 meningkat menjadi 8,5%.

 

Keyword: Analisis Manajemen Kredit, BPRS Baiturrahman


References


Anonim. (2011). Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Melalui ,[27/04/12]

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bastian, Indra Suhardjono. (2006). Akuntansi Perbankan. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Chuck Williams. (2001).Manajemen. Edisi 1.Jakarta: Salemba Empat.

Dendawijaya, Lukman. (2005). Manajemen Perbankan. Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Firdaus, Rachmat & Maya Ariyanti. (2009). Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung: ALFABETA.

Hasibuan, Malayu. (2008). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan , Rusdani. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Macet Pada Kredit Pendesaan (KUPEDES) Yang Terkait Sektor Agribisnis (Kasus PT. Bank rakyat indonesia. Tbk Unit Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Skripsi. Bogor: Program Sarjana Ektensi Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian ITB.

Kasmir. (2008). Dasar-Dasar Perbankan. Edisi 1. Jakarta: Pt. Raja Grafindo persada. 2010. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi 2008. Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins, Stephen P & Mary Coulter. (2007). Manajemen. Jilid 1.Edisi 8.New Jersey: Indeks.

Sari, Mustika Trisniya. (2010). Analisis kredit Bermasalah terhadap Profitabilitas pada PT. Bank Tabungan pensiunan Nasional. Tbk. Skripsi. Bandung: universitas Komputer Indonesia (tidak dipublikasikan).

Taswan. (2006). Manajemen Perbankan Konsep, Teknik dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Akuntansi Perbankan. Edisi ketiga. 2008 Jogyakarta : UPP STIM YKPN.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 mengenai Perubahan Undang Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Untung, Budi. (2005). Kredit Perbankan di Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyuti , Ema Dlauatul. (2009). Analisis Manajemen kredit Guna Menekankan terjadinya Kredit Macet (Studi pada Koperasi “Usaha Tama” Ponggok blitar).Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v3i1.276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :