ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN PIDIE

Intan Rizkia Chudri, Irmawati Irmawati, Cut Atika Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kemampuan teknik pemakai, program pelatihan dan pendidikan dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pidie. Data penelitian dikumpulkan melalui daftar pertanyaan/kuisioner dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji bersama-sama dan uji parsial dimaksud untuk mengetahui secara bersama-sama dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Objek dalam penelitian ini pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pidie. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 50 pegawai. Hasil penelitian menunjukan bahwa Secara uji simultan antara variabel kemampuan teknik pemakai, program pelatihan dan pendidikan dan kompetensi sumber daya manusia secara simultan berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pidie. Kemudian secara parsial yaitu kemampuan teknik pemakai berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pidie. Program pelatihan dan pendidikan berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pidie. Kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pidie.

Keywords


Kemampuan Teknik Pemakai, Program Pelatihan dan Pendidikan, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Kinerja Sistem Informasi Akuntan

Full Text:

PDF

References


Antaranews.com. 2021. Kemenkop: Kontribusi perpajakan sektor UMKM perlu ditingkatkan.(https://www.antaranews.com/berita/2101898/kemenkop-kontribusi-perpajakan-sektor-umkm-perlu-ditingkatkan#mobile-src). Diakses 22 November 2021

Devano, S. dan S. K. Rahayu. 2006. Perpajakan Konsep, Teori, dan Isu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dewi, A. P. dan B. Susanto. 2021. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Pada KPP Pratama Temanggung ). The 4th Beneficium (Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology). Vol.19 No.4, hlm. 376390.

Duwiri, M. Y. T. A. Layuk dan N. H. Bleskadit. 2020. Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Kualitas Pemeriksaan Pajak Dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Memiliki UMKM di Kota Jayapura. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah. Vol.15 No.2, hlm. 2034.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Multivariate Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanindita, D. P. dan E. D. Retnani. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wajib Pajak dalam Membayar Pajak UMKM Kota Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol.8 No.10, hlm. 119.

Hapsari, A. dan N. Kholis. 2020. Analisis Faktor-Faktor Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di KPP Pratama Karanganyar. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia. Vol.4 No.1, hlm. 5667.

Harjo, D. 2019. Perpajakan Indonesia Edisi 2 - Sebagai Materi Perkuliahan di Perguruan Tinggi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hasanah, N. S. Muhtar dan I. Muliasari. 2020. Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Irianto, E. S. 2011. Pengantar Ilmu Pajak: Kebijakan dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.

Khasanah, S. N. 2014. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawan, A. W. dan Z. Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Lesmana, A. L. dan B. Setyadi. 2020. Pengaruh Pemeriksaan, Pengetahuan Wajib Pajak, Sanksi, dan Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol.17 No.1, hlm. 115.

Mahendra, B. S. Y. C. Samrotun dan P. Siddi. 2022. Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Surakarta Selama Masa Pandemi Covid-19. JRAP (Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan). Vol.9 No.1, hlm. 2840.

Mardiasmo. 2009. Perpajakan. Edisi Revi. CV. Andi Ofset.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Edisi Pert. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugraheni, A. D. dan A. Purwanto. 2015. Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Pada Wajib Pajak di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Accounting. Vol.4 No.3, hlm. 114.

Prakoso, A. G. Wicaksono S. Iswono Y. Puspita dan N. D. Bidhari, Sandhika Cipta Kusumaningrum. 2019. Pengaruh Kesadaran dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Kediri. Vol.4 No.1, hlm. 1831.

Priyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi Revi. Surabaya: Zifatama Publishing.

Rahayu, S. K. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Rahayu, S. K. 2017. Perpajakan (Konsep dan Aspek Formal). Bandung: Penerbit Rekayasa Sains.

Rahayu, S. K. 2020. Perpajakan Konsep, Sistem dan Implementasi. Edisi Revi. Bandung: Penerbit Rekayasa Sains.

Sarasawati, Z. E. E. Masitoh dan R. R. Dewi. 2018. Pengaruh Kesadaran Pajak, Sistem Administrasi Pajak Modern dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada UMKM di Surakarta. Jurnal Studi Kasus Inovasi Ekonomi. Vol.2 No.2, hlm. 4552.

Siyoto, S. dan A. Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sofianti, M. dan D. Wahyudi. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Kasus UMKM di Kabupaten Demak). Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi. Vol.13 No.1, hlm. 180192.

Sugiarti, W. 2015. Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying). Universitas Komputer Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Sumartik. 2018. Buku Ajar Perilaku Organisasi. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Wijayanti, R. N. Rizal dan R. Bahtiar. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Edisi Ketiga. Lumajang: Widya Gama Press.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v13i1.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :