PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, KEBIJAKAN UTANG DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021

Elviza Elviza, Mulyadi AR, Arifma Retzha Wiranda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah kebijakan dividen, kebijakan utang dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi penelitian ini berjumlah 10 perusahaan makanan dan minuman, dengan total 30 populasi yang dijadikan pengamatan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuantitatif yang diperoleh melalui situs resmi www.idx.co.id. Metode pengujian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan kebijakan dividen, kebijakan utang dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, secara parsial kebijakan utang berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan secara parsial profitabilitas juga berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Nilai Adjusted R-Square (Adjused R2) dalam penelitian ini sebesar 0,173 hal ini berarti 17,3% variasi nilai perusahaan dapat dijelaskan kebijakan dividen, kebijakan utang dan profitabilitas, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel bebas lain di luar penelitian ini.

Keywords


Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Agus, Harjito dan Martono, SU. (2014). Manajemen Keuangan. Cetakan keempat. edisi ke 2. Ekonisia.

Amaliah, N. (2017). Pengaruh Alokasi Pajak Antar Periode Dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba. Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Fahmi, Irham. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Harjito, D.A. dan Martono. (2014). Manajemen Keuangan. Edisi kedua. Cetakan Keempat. Ekonosia. Yogyakarta.

Hariati, Isnin. (2015). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 3 (2).

Haosana, Cincin. (2015). Pengaruh Return On Asset Dan Tobins Q Terhadap Volume Perdagangan Saham Pada Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Universitas Hasanuddin. Makassar.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS.

Indrarini, Silvia. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba : (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). SCOPINDO.

Joana L. S. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal: JRAK-Vol 3 No. 1, Maret.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mubaraq, N. (2020). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). E-Journal : Universitas Muhammad Makassar.

Murhadi, Werner R., (2018). Studi Kebijakan Deviden: Anteseden dan Dampaknya Terhadap Harga Saham. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 10 No. 1 h 11-17.

Munawir, (2017). Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty: Yogyakarta.

Nurhasanatang. S, Taufik, T. dan Azlina. (2020). Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan leverage, keputusan investasi dan manajemen laba terhadap nilai perusahaanpertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Jurnal SOROT: Volume 15, Nomor 1, April.

Pramana, I G N Agung Dwi dan I Ketut Mustanda. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen UNUD. 5(1): h: 561-594.

Prawoto, A. (2016). Penilaian Usaha. BPFE. Yogyakarta.

Purnaya, I. G. Ketut. (2016). Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Purwaningrum, E. (2011). Factors Effecting Price earning ratio of Company's Share in the Manufacture Sector. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 no 1, 90-110.

Rengga, A dan Sukamulja, Sukmawati. (2014). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan-Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2000-2013. E-Journal : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Reyhan, A., Zirman., & Azlina, N. (2014). Pengaruh Komite Audit, Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba dan Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba. Jom Fekon Universitas Riau. 1(2).

Rihatningtyas, Hariati, Isnin dan Widya Y. (2015). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan. Malang: Universitas Brawijaya.

Sari, Eka Sartika. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Devidend Payout Ratio. E-Journal: Unived Bengkulu. https://doi.org/10.37676/ekombis.v2i2.18.

Sucipto, E dan Sudiyatno, B (2018). Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Dan Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listed. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Vol. 7, No. 2.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Utama M. D, P dan Dana I, M. (2019. Pengaruh Dividen, Utang, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Property Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 8.

Wahyudi, Henri Dwi., Chuzaimah., & Sugiarti, Dani. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, I (2), 156-164.

Widyadnyani N. L. A, Sunarsih N. M dan I Pramesti G. A. (2020. Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kharisma Vol. 2 No.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v13i1.1786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :