PENGARUH LIKUIDITAS, DEBT TO EQUITY RATIO DAN EARNING PER SHARE TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSAEFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020

Syamsidar Syamsidar, Rusnaidi Rusnaidi, Okta Adinda

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, debt equity ratio, dan earning per share secara simultan dan secara parsial terhadap dividen kas pada perusahaan Sektor Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 laporan keuangan perusahaan Sektor Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Objek dalam penelitian ini yaitu pada laporan keuangan perusahaan Sektor Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa likuiditas, debt equity ratio dan earning per share secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap dividen kas pada perusahaan Sektor Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Keywords


Likuiditas, Debt Equity Ratio, Earning Per Share dan Dividen Kas

Full Text:

PDF

References


Anur, Agnes Srinode dan David Efendi. (2020). Pengaruh Arus Kas Operasi, Laba Bersih dan Likuiditas Terhadap Dividen Kas. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Vol.9 No.6, Edisi Juni 2020.

Chayati, Nuning Nur dan Nur F.Asyik. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Kesempatan Investasi, dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen Tunai. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Vol.6 No.9, Edisi September 2017.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo.

Hesniati.dan Y. Hendra. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Rasio Pembayaran Dividen Perusahaan BEI. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah. Universitas Internasional Batam. Vol.2 No.1, hal.23, Edisi Januari 2019.

Kala, Riska Maryam dkk. (2022). Pengaruh Laba Akuntansi dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Dividen Kas. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance. Universitas Cendrawasih. Vol.4, Edisi 2022.

Martani, Dwi. Dkk. (2015). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Prismanta, Erik dan Anang Subardjo. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Dividen Kas. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA) Surabaya. Vol.8 No.3, hal.5, Edisi Maret 2019.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2. Salemba Empat: Jakarta Selatan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukamulja, Sukmawati. (2019). Analisis Laporan Keuangan sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yulsiati, Henny. (2016). Pengaruh Debt To Assets Ratio, Debt To Equity Ratio dan Net Profit Margin Terhadap Return On Equity Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntanika. Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya. Vol.1 No.2, hal.5, Edisi Januari Juni 2016.

Zuwita,Ega dan Deliza Henny. (2017). Analisis Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Arus Kas Bebas dan Dividen Tahun Sebelumnya Terhadap Dividen Kas. Jurnal Akuntansi Trisakti. Universitas Trisakti. Vol.4 No.2, Edisi September 2017.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v13i1.1785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :