PENGARUH ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Seri Murni, Delia Desrita

Abstract


Pada era modern ini teknologi berkembang sangat pesat terutama di bidang komunikasi sehingga individu dapat terhubung dengan mudah, salah satu bentuk media komunikasi yaitu instagram. Seiring perkembangan teknologi instagram kini juga menjadi sebagai media promosi oleh online shop yang dapat diakses dan dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel online shop pada media sosial instagram dan intensitas penggunaan instagram terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa online shop pada media sosial instagram dan intensitas penggunaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry dan secara parsial setiap variabel berpengaruh postif terhadap perilaku konsumtif.

Keywords


Online Shop pada Media Sosial Instagram, Intensitas Penggunaan Instagram, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Andarwati, L. (2016). Citra Diri Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 5. No 3, 7.

Anggara, A., F. (2018). Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pengembangan Wawasan Global Peserta Didik Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 7. No 2, 17.

Dharmmesta, B., S. & Handoko, H. (2011). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPEE.

Ellison, N. B., Steinfield, C., & Lampe, C. (2007). The Benefits Of Facebook Friends: Social Capital And College Students Use Of Online Social Network Sites. Journal of Computer-Mediated Communication. Vol 12. No. 4, 1143-1168.

Hidayah, R., W. (2015). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion pada Mahasiswa Putri di Surakarta. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hartaji, D., A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Hidayah, R., W. (2015). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion pada Mahasiswa Putri di Surakarta. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kaplan, A. & Haenlin, M. (2010). Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizon. Vol. 53. No. 1, 60.

Makmur, R. (2016). Bisnis Online. Bandung: Informatika.

Mujiyana. & Elissa., I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Jurnal Teknik Industri. Vol 8. No 3, 147.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nisrina, M. (2015). Periklanan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Cakra Ilmu (Imprin Gelar Sarjana Aksara.

Rachmanto, R. (2014). Membangun Online Shop dengan WordPress. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rinjani & Firmanto. (2013). Kebutuhan Afiliasi Dengan Intensitas Mengakses Facebook Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 0. No 1.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta : Kompas Gramedia.

Sabirin, E. Kenapa Kita Doyan Belanja. Dipetik Januari 16, 2021, dari http://www.kompas.com/kompas-cetak/0508/26/muda/2000305.htm

Sangadji, E., M, & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sari., C., A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Journal Unair. Vol 4. No 2, 208.

Septiana, A. (2015). Analisis Perilaku Konsumen: Teori & Praktik dalam Bidang Pemasaran. Bangkalan: UTM Press.

Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Sumartono. (2002). Terperangkat Dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v13i1.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :