PENGARUH KETERLIBATAN PEMAKAI, PELATIHAN UKURAN ORGANISASI DAN KEAHLIAN PEMAKAI TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI BANK BTN BANDA ACEH

Maidar Maidar, S.E., M.Si, Syamsidar Syamsidar, S.E., M.Si, Ahlul Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan pemakai, pelatihan ukuran organisasi dan keahlian pemakai secara simultan dan parsial terhadap kinerja sistem informasi akuntansi di Bank BTN Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Keterlibatan Pemakai, Pelatihan Ukuran Organisasi dan Keahlian Pemakai secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi di Bank BTN Banda Aceh

Keywords


Keterlibatan Pemakai; Pelatihan Ukuran Organisasi; Keahlian Pemakai; Kinerja Sistem Informasi Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Agung Kresnamurti R.P dan Ariani Putri. 2012. Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas konsumen pada produk oli federal di wilayah Jakarta Timur. Econo Sains. Vol.10. No.1.

Alannita dan Agung Suaryana. 2014,Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, Dan Kemampuan Teknik Pemakaian Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Individu. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 (2014):33-45.

Almilia, LS dan Irmaya Briliantien, 2007. Faktor- faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Umum Pemerintah di Wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Jurnal Akuntansi. Surabaya : STIE Perbananas.

Ane, La &Putri Nanda Anggraini. 2012. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi di Lingkungan Pemerintah Daerah Serdang Berdagai. Jurnal telaah akuntansi. Vol. 14 No.2: 23-29.

Arifianto, 2018. Orangtua Cermat anak Sehat.

Gagas Media. Jakarta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Susanto, 2013, Sistem Informasi Akuntansi, - Struktur-Pengendalian-Resiko-Pengembangan, Edisi Perdana, Lingga Jaya, Bandung.

Azhar, Susanto, 2008. Sistem informasi Akuntansi, Bandung , Lingga jaya.

Baridwan, Zaki. 2010. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi. 5. Yogyakarta : BPPE.

Bara Gusti, Tarimushela. 2012. Pengaruh Keterlibatan Pengguna Dalam Proses Pengembangan Sistem, Kapabilitas Personal, dan Dukungan Manajemen Puncak terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan.

Dalimunthe. 2014. Meraup Untung Bisnis. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hajiha, Z and Azizi, Z. A. P. 2011. Effective Factors on Alignment of Accounting Information Systems in Manufacturing Companies: Evidence from Iran. Journal Information Management and Business Review, 3 (3), pp: 158-170.

Istianingsih dan Setyo Hari Wijanto. 2008.

Pengaruh Kualitas Sistem informasi, Kualitas Informasi, dan Percived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Software Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi IX, Pontianak.

Komara, Acep. 2005. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja. Sistem Informasi Akuntansi. Surakarta: Simposium Nasional.

Jogiyanto, 2015. Sistem Informasi Keperilakuan.

Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi. Offset.

Mardi, 2014, Sistem Informasi Akuntansi,

Cetakan kedua, Ghalia Indonesia,. Bogor.

Mardiana. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kota Samarinda. e- Journal Ilmu Pemerintahan. 2 (1).

Martini, Dwi Dkk, 2012, Akuntansi Keuangan

Menengah, buku 1, Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi.

Jakarta: Salemba Empat.

Naresh K. Malhotra. 2010. Edition Pearson Education.Damodar, 1999, Ekonometrika Dasar, Erlangga, Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Robbins SP, dan Judge. 2009. Perilaku Organisasi

Buku 2, Jakarta : Salemba. Empat.

Romney B. Marshall dan Paul John Steinbart. 2018.

Sistem Informasi Akuntansi: Accounting

Information Systems (Edisi 13), Prentice Hall.

Rivaningrum, Ajeng. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Rumah Sakit Saras Husada Purworejo. Skripsi. Semarang : Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Rusmiati, Rusi. 2012. Pengaruh Keterlibatan Pemakai, Kapabilitas Personal Sistem Informasi, Ukuran Organisasi dan Formalisasi Pengembangan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akuntansi: Survei Pada Dua Badan Usaha Milik Negara Di Bandung. Skripsi. Universitas Pasundan: Bandung.

Sari, Maria M.Ratna. 2009. Pengaruh Efektivitas Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Teknologi Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Individual pada Pasar Swalayan di Kota Denpasar. Ekonomi Audi : Audi Jurnal Akuntansi dan Bisnis,Volume : 4

No 1 Januari 2009.

Silalahi. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung

: PT. Refika Aditama.

Simkin, Mark G, Carolyn S. Norman and Jacob M.

Rose, 2015, Core Concepts of Accounting Information Systems,13th Ed, John Wiley & Sons, Inc., United States of America

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar

Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif.

Bandung: Alfabeta.

Susanto, Azhar 2017. Sistem Informasi Akuntansi Memahami Konsep Secara Terstruktur, Bandung: Lingga Jaya.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v11i3.1641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :