AKUNTABILITAS DAN TRANPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN DESA STUDI DI GAMPONG KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH

Adnan Adnan, Muhammad Ichsan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Akuntabilitas dan Transparansi dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) Gampong Kuta Alam selama 3 (tiga) Tahun yaitu di Tahun 2019 sampai dengan 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kuantitatif, dimana data-data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data-data primer yang ada di Kantor Keuchik Kuta Alam maupun Kantor DMPG. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Metode Dokumentasi dan Wawancara, dengan menganalisis data-data yang sudah masuk secara Deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) Gampong Kuta Alam Kota Banda Aceh telah dilakukan secara Transparansi dan Akuntabilitas

Keywords


APBG; Akuntabilitas;Transparansi

Full Text:

PDF

References


APBG Gampong Kuta Alam Kota Banda Aceh tahun 2019.

APBG Gampong Kuta Alam Kota Banda Aceh tahun 2020.

APBG Gampong Kuta Alam Kota Banda Aceh tahun 2021.

Eka & Ikhsan. (2016). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pelaksanaan Anggaran Pada Instansi Pemerintah.

Erlina, Sirojuzilam, Rasdianto 2012. Pengelolaan Dan Akuntansi Keuangan Daerah, USU Press, Medan

Imam. (2017). Efektivitas Pengelolaan Keuangan Dana Desa Di Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal

Krina P. 2003. Indikator Dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas Transparansi Dan Partisipasi. Jakarta: Sekertariat Good Public Governmance, Badan Perencaanaan Pengembangan Nasional.

Lucy Et Al. (2013). Analisis Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah.

Mahmudi. (2011). Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Erlangga

Mardiasmo. (2006). Perwujudan Transparansi Dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance. Jurnal Akuntansi Pemerintahan, 2 : 1. (1-7).

Permendagri No.113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Undang-undang Desa No.6 Tahun 2014 tentang Desa.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v12i2.1613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :