PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH, AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN DAN KOMITMEN PIMPINAN TERHADAP TRANSPARANSI KEUANGAN DAERAH PADA SKPD DI KABUPATEN ACEH BESAR

Eva Susanti, Elviza Elviza, Nur Alfi Rahmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyajian laporan keuangan daerah, aksesibilitas laporan keuangan dan komitmen pimpinan berpengaruh terhadap transparansi keuangan daerah pada SKPD di Kabupaten Aceh Besar. penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode sensus. Objek dalam penelitian ini yaitu penyajian laporan keuangan daerah, aksesibilitas laporan keuangan dan komitmen pimpinan terhadap transparansi laporan keuangan daerah (pada SKPD di Kabupaten Aceh Besar). sampel penelitian ini berjumlah 90 responden. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan model regresi linear berganda dan diolah dengan menggunakan program bantuan SPSS (statistical product and service solutions) versi 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan daerah, aksesibilitas laporan keuangan dan komitmen pimpinan secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap transparansi keuangan daerah

Keywords


Penyajian Laporan Keuangan Daerah; Aksesibilitas Laporan Keuangan; Komitmen Pimpinan; Transparansi Keuangan Daerah

Full Text:

PDF

References


Djalil, Rijal. 2014. Akuntabilitas Keuangan Daerah. Jakarta: PT. Semesta Rakyat Merdeka.

Fauziyah, Miftahul Reza. 2017. Pengaruh Penyajian dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(6): 1-16.

PP No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

PP No. 24 Tahun 2005 tentang standar Akuntansi Pemerintahan.

PP No. 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Sanjaya, I Dewa Nyoman Krisna Putra, Edy Sujana Dan Ni Luh Gede Erni Sulindawati. 2014. Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah dan Aksesibilitas Terhadap Penggunaan Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Ekonomi, 2(1):1-12.

Siregar, Sofyan. 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Alfabeta: Bandung.

Superdi, 2017. Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan, Aksesibilitas dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada SKPD Kabupaten Siunjung). JOM Fekom, 4(1): 2016-2029.

Sekaran, U. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I.M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan (Teori dan Praktik). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sarif, M. (2016). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Berdasarkan Rasio Profitabilitas pada Perusahaan Outsourcing PT. Halind Mandiri Banda Aceh Tahun 2012-2014. Skripsi S1, FE UNMUHA, Banda Aceh. Tidak dipublikasikan.

UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah..

Wahyuni, Putu Sri.,Ni Luh Gede Erni Sulindawati., Dkk. 2014. Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah. E-Journal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v11i1.1409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :