PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PEMANFAATAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) KOTA BANDA ACEH

Mislinawati Mislinawati, Cut Faradila, Novi Mauliza

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman dan faktor social terhadap pemanfaatan laporan keuangan pada Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Metode statistik menggunakan uji asumsi klasik dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Pendidikan berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pemanfaatan Laporan Keuangan, Pengalaman berpengaruh dan signifikan terhadap Pemanfaatan Laporan Keuangan dan yang terakhir Faktor Sosial berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pemanfaatan Laporan Keuangan

Keywords


Tingkat Pendidikan; Pengalaman; Faktor Sosial; Pemanfaatan Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Bambang, Riyanto. (2012). Dasar-dasar Pembelanjaan. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE

Baridwan, Zaki .(2008). Intermediate Accounting. Edisi delapan. Cetakan kedua. BPFE-Yogyakarta

Cahyadi, Dwi. (2009). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Masa Kerja, Pelatihan dan Posisi di Pemerintahan Terhadap Pemahaman Laporan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Eksekutif Dan Legislatif di Lembaga Pemerintahan Kabupaten Banjarnegara). Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Effendi, T, M. (2011). Pengaruh pengalaman kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada bagian dyeing PT. Kwalram Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fontanella, A. (2010). Analisis pengaruh latar belakang pendidikan dan pengetahuan akuntansi pengguna terhadap pemanfaatan laporan keuangan pemerintah daerah. Jurnal akuntansi & manajemen Vol 5 No.2 Desember 2010 ISSN 1858-3687 hal 22-30

Hapsari, A. (2008). Tinjauan kebermanfaatan laporan keuangan auditan BPK (Refleksi Eksistensi dan Peranan BPK). Melalui: http://assasinisborn.multiply/journal/item. (18 Oktober 2020)

Harahap, Sofyan Syafri. (2009). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harahap, Sofyan Syafri. (2006). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Ikatan Akuntansi Indonesia, (2002). Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Ismanto, Nano. (2005). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Perusahaan Speaker Aktif Arofah Elektronik di Desa Gribig Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Skripsi S1. Universitas Negeri Semarang. Tidak Dipublikasikan.

Kasmir, (2014). Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kriyantono, Rahmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Martiningsih. (2008). Studi kebutuhan informasi pengguna laporan keuangan pemerintah. Fakultas Ekonomi Universitas Mataram.

Munawir, (2010), Analisis Laporan Keuangan. Edisi keempat. Penerbit. Liberty, Yogyakarta.

Rosiana, W.P. (2014). Pengaruh pendidikan, pengalaman, dan faktor sosial terhadap pemanfaatan informasi laporan arus kas. Skripsi. Fakultas Eknomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multilavare dengan Program IBM SPSS 21 Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Priyono, D. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). DASAR METODELOGI PENELITIAN. Yogjakarta: Literasi Media Publishing.

Triandis HC. (1980). Values. attitudes and interpersonal behavior. University of Nebraska Press. Lincoln. NE.

Tarina,R dan Sudarno. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan catatan atas laporan keuangan (CALK) oleh pengguna laporan keuangan Pemerintah Daerah. Diponegoro Jurnal Of AccountingVol 3 No.2 2014 ISSN 2337-3806 hal 1-9.

Andrianto, E. (2017). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi informasi dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah terhadap kualitas laporan Keuangan Pemerintah daerah dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada SKPD Kabupaten Sleman . Skripsi, 44.

Rahmawati, Diana. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 5, No. 1, hal. 107-118

Romdhoni, R. F., (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman, Faktor Sosial, dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Pemanfaatan Catatan atas Laporan Keuangan (CALK) Oleh Pengguna Laporan Keuangan Pemerintah Daerah




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v11i1.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :