ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN PADA PERUSAHAAN KONSTRUKSI CV. CENTRALINDO CONSULTAN

Maidar Maidar, Emmi Suryani Nasution, Adel Viani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengakuan pendapatan pada perusahaan konstruksi CV. Centralindo Consultan apakah sudah sesuai dengan PSAK No 34 tentang kontrak konstruksi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif, yaitu metode dimana data yang dikumpulkan disusun, dikelompokkan dan dianalisis sehingga dapat memberikan gambaran yang sebenarnya tentang pengakuan pendapatan perusahaan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dalam hal ini, yaitu dengan melakukan wawancara langsung dengan direktur CV. Centralindo Consultan, adapun data sekunder yaitu dengan melakukan pengambilan data dokumentasi berupa laporan keuangan perusahaan, juga penelitian kepustakaan berupa literatur yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Centralindo Consultan dalam mengakui pendapatannya sudah sesuai dengan PSAK No 34 dimana dalam PSAK No 34 metode kontrak selesai digunakan untuk proyek jangka pendek.


Keywords


Pengakuan Pendapatan; Perusahaan Konstruksi

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki. 2014. Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE.

Darmayanti, Elmira Febri. 2016. Analisis Pengakuan Pendapatan pada Perusahaan Kontruksi. ISSN Cetak 1978-6579. Universitas Muhammadiyah Metro.

Farmuzi, Aris dkk. 2015. Analisis Pengakuan Pendapatan Perusahaan Konstruksi Proyek Bendungan Marangkayu pada PT. Luhribu Naga Jaya Samarinda. Universitas Samarinda.

Greuning, Hennie Van dkk. 2013. International Financial Reporting Standards. Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, Sofyan Safri. 2011. Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perseda.

Hery. 2013. Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2014. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Joni, Afandi. 2018. Pengakuan Pendapatan menurut SAK dan Pengakuan Pendapatan menurut SAP. Melalui (https://www.ksap.org/sap/pengakuan-pendapatan-menurut-sak-dan-pengakuan-pendapatan-menurut-sap/). Diakses pada tanggal 9 Juli 2020.

Kartikahadi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta: Salemba.

Lam, Nelson dan Peter Lau. 2014. Akuntansi Keuangan (Intermediate Financial Reporting) : Perspektif Ifrs Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Martani, Dwi dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Pemerintah Republik Indonesia. 2017. Undang-Undang Republik Indonesia No 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi. Jakarta.

Rahayu dan Kardinal. 2013. Analisis Pengakuan Pendapatan Jasa Konstruksi pada CV. Samudera Konstruksi Palembang Berdasarkan PSAK No. 34. STIE MDP.

Ratunuman, Sisilia Merry. 2013. Analisis Pengakuan Pendapatan dengan Persentase Penyelesaian dalam Penyajian Laporan Keuangan PT. Pilar Dasar. Jurnal EMBA , Vol. 1, No. 3, Juni 2013. HAL 578-586. ISSN: 2303-1174.

Smith, Jay. M and K. Fred Skousen. 2001. Intermediate Accounting. Terjemahan . Jakarta: Airlangga

Sodikin dan Riyono. 2014. Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Warren, Carl S., James M Reeve and Phillip E. Fees 2006, Pengantar Akuntansi, Edisi Keduapuluh Satu, Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat

Wijaya, Hendra dkk. 2015. Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban dalam Penyajian Laporan Laba Rugi PT. Karya Jaya Dedy Mulia. STIE MDP.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v11i2.1402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :